Apakah Fastron Platinum Racing 10W-60 Cocok untuk Oli Mobil Harian?

Selasa, 12 Dec 2023 | 436 views   137 likes


Oli mobil khusus balap memiliki viskositas yang lebih kental dibandingkan dengan oli mobil pada umumnya. Mesin mobil balap cenderung lebih mengutamakan performa maksimal ketimbang durabilitas. Dengan kompresi yang lebih tinggi, ukuran bore dan stroke yang lebih besar, otomatis mobil balap perlu oli yang lebih kental serta BBM dengan oktan tinggi. 
 
Tetapi masih ada beberapa pengendara mobil yang mencoba-coba untuk menggunakan oli mobil khusus balap untuk mobil harian. Lantas, apa dampak dari menggunakan oli mobil balap untuk harian?
 

Apakah Fastron Platinum Racing 10W-60 Cocok untuk Oli Mobil Harian?

 
Apabila mobil harian menggunakan oli seperti Fastron Platinum Racing 10W-60, ada beberapa risiko kerusakan pada mesin karena oli yang digunakan tidak sesuai dengan ketentuan oli yang harus digunakan.
 
Mobil keluaran terbaru memiliki teknologi mesin yang memerlukan oli yang lebih encer, terutama karena jarak clearance antar komponen mesin yang lebih padat. Sehingga oli encer mampu memberikan pelumasan hingga celah-celah tersempit pada mesin.
 
Oli encer memiliki tekanan oli yang lebih rendah, dibandingkan dengan oli kental yang menghasilkan tekanan oli yang lebih tinggi. Mobil-mobil harian keluaran terbaru lebih memerlukan oli yang encer agar pelumasan merata. 
 
Sedangkan tekanan oli yang terlalu tinggi bisa menyebabkan berbagai kerusakan seperti kebocoran oli pada gasket pada oil pan dan cylinder head, serta kebocoran oli ke dalam ruang bakar atau bahkan transmisi mesin.
 
Selain itu, oli yang terlalu kental dari ketentuan penggunaan mobil justru membebani kinerja mesin yang membutuhkan oli encer untuk sehari-hari.
 
Masih banyak varian oli Fastron lainnya yang cocok dengan mobil harian seperti Fastron Gold series untuk mobil-mobil premium dengan teknologi terkini, Fastron techno untuk LMPV, hatchback dan sedan, Fastron Ecogreen untuk LCGC, dan Fastron Diesel untuk mobil diesel terbaru.
 

Lalu Mobil Apa yang Cocok dengan Fastron Platinum 10W-60?

 
Jadi untuk menjawab pertanyaan pada judul, oli Fastron Platinum 10W-60 dirancang khusus untuk mobil performa tinggi, seperti supercars dan mobil balap.
 
Oli sintetik dengan kekentalan tinggi ini cocok dengan mobil-mobil seperti Lamborghini yang memang dirancang untuk performa maksimal di setiap putaran mesinnya. Mobil Lamborghini memiliki karakter mesin yang beroperasi di suhu tinggi, sehingga membutuhkan oli yang bisa menahan panas dengan lebih optimal.
 
Oli Fastron Platinum 10W-60 dirancang dengan kekentalan tinggi untuk mendukung penggunaan bahan bakar dengan oktan yang tinggi dan mesin berkompresi tinggi pada supercars dan mobil balap.
 
Untuk mengetahui oli Fastron apa yang cocok untuk mobil harian, sobat Pertalub bisa mengunjungi situs Dr.Lube!



Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas