Pedoman
TATA KELOLA
PERUSAHAAN


 

Pedoman Tata Kelola Perusahaan ini disusun sebagai acuan dalam mengelola PT Pertamina Lubricants berdasarkan prinsip Good Corporate Governance (GCG) yang menjadi kaidah dan pedoman bagi pengurus Perusahaan dalam menjalankan aktivitas bisnisnya. Penerapan prinsip-prinsip GCG (Transparency, Accountability, Responsibility, Independency dan Fairness) diperlukan agar Perusahaan dapat bertahan dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. GCG diharapkan dapat menjadi sarana untuk mencapai visi dan misi Perusahaan.

Pedoman Tata Kelola Perusahaan ini mengatur struktur badan tata kelola perusahaan (RUPS, Direksi dan Dewan Komisaris), proses tata kelola perusahaan, organ pendukung badan tata kelola perusahaan serta proses tata kelola Perusahaan.

Panduan DEWAN

Seiring dengan implementasi GCG di PT Pertamina Lubricants (“Pertamina/Perseroan”) dan merujuk kepada Peraturan Menteri Negara BUMN No. Per-01/MBU/2011 tanggal 1 Agustus 2011 Jo. Peraturan Menteri Negara BUMN No. Per-09/MBU/2012 tanggal 6 Juli 2012 tentang Penerapan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (Good Corporate Governance) pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mempersyaratkan adanya pedoman yang dapat mengatur hubungan kerja yang efektif antara Direksi dan Dewan Komisaris maka disusunlah Board Manual.

Board Manual ini mengatur ketentuan terkait pelaksanaan tugas dan kewajiban Direksi dan Dewan Komisaris dalam upaya pencapaian visi dan misi Perseroan.

Unduh Panduan Dewan

Pedoman PERILAKU

Pedoman Perilaku ini adalah komitmen Pertamina Lubricants untuk patuh pada ketentuan hukum dan standar etika tertinggi dimana saja Pertamina melakukan kegiatan bisnis/operasionalnya. Model-model perilaku yang diberikan dalam Pedoman Perilaku ini bersumber dari Tata Nilai Unggulan 6C (Clean, Competitive, Confident, Customer Focused, Commercial dan Capable) yang diharapkan menjadi nilai-nilai yang dijunjung tinggi dan menjadi perilaku khas Insan Pertamina:

Clean
Perusahaan dikelola secara profesional dengan : menghindari benturan kepentingan; tidak mentolerir suap; menjunjung tinggi kepercayaan dan integritas; serta berpedoman pada asas-asas tata kelola korporasi yang baik.

Competitive
Mampu berkompetisi dalam skala regional maupun internasional, mendorong pertumbuhan melalui investasi, membangun budaya sadar biaya dan menghargai kinerja.

Confident
Berperan dalam pembangunan ekonomi nasional, menjadi pelopor dalam reformasi BUMN dan membangun kebanggaan bangsa.

Customer Focused
Berorientasi pada kepentingan pelanggan dan berkomitmen untuk memberikan yang pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Commercial
Menciptakan nilai tambah dengan orientasi komersial dan mengambil keputusan berdasarkan prinsip-prinsip bisnis yang sehat.

Capable
Dikelola oleh pemimpin dan pekerja profesional yang memiliki talenta dan penguasaan teknis tinggi, berkomitmen dalam membangun kemampuan riset dan pengembangan.

Unduh Pedoman Perilaku

Kode KEPATUHAN

Prinsip-Prinsip Dasar Integritas Perusahaan merupakan bagian dari Program Pertamina Lubricants Clean yang telah menjadi komitmen Direksi terkait dengan pengelolaan Tata Kelola Korporasi di Pertamina.


Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP)

PEDOMAN SISTEM MANAJEMEN ANTI PENYUAPAN (SMAP) ISO 37001-2016

PT Pertamina Lubricants sebagai entitas bisnis dari PT Pertamina Niaga - Subholding Commercial & Trading dari PT Pertamina (Persero) menyadari sepenuhnya urgensi dalam menciptakan tata kelola organisasi yang bersih dan berintegritas, yang mampu mendukung dan mewujudkan proses bisnis yang bersih dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN), termasuk bebas dari kecurangan, gratifikasi dan penyuapan.

PT Pertamina Lubricants memiliki komitmen penuh untuk menerapkan kebijakan kepatuhan terhadap peraturan perundangan anti penyuapan yang berlaku dan beroperasi secara etis dan bertanggung jawab dengan didukung Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP), yang diharapkan dapat membantu PT Pertamina Lubricants untuk menghindari atau mengurangi biaya risiko dan kerugian yang disebabkan penyuapan, mempromosikan kepercayaan dan keyakinan dalam penanganan bisnis, dan meningkatkan reputasi organisasi. Untuk mencapai tujuan tersebut, PT Pertamina Lubricants mengadopsi, mengembangkan dan menerapkan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) yang berdasarkan SNI ISO 37001:2016.

 

BERITA
& Acara