Mengapa Oli Mobil Diesel Perlu Oli Khusus Seperti Fastron Diesel 15W-40

Rabu, 13 Dec 2023 | 1126 views   60 likes


Oli mobil diesel dan mobil bensin diciptakan terpisah karena ada perbedaan cara kerja antara kedua mesin tersebut. Sobat Pertalub pasti tahu, kalau mobil diesel memiliki ciri yang khas. Seperti getaran mesin yang lebih terasa, torsi mesin yang lebih tinggi, hingga redline putaran mesin yang lebih rendah dibandingkan mesin mobil bensin.
 
Karakter performa mesin diesel yang cenderung dominan dari aspek torsi mesin, dihasilkan dari mekanisme kerja mesin yang berbeda. Perbedaan cara kerja itu lah yang menyebabkan mesin diesel memerlukan oli khusus mobil diesel.
 

Perbedaan Cara Kerja Mesin Mobil Diesel dengan Mesin Mobil Bensin

 
Sebelum membahas lebih jauh, penting untuk sobat Pertalub memahami perbedaan mekanisme kerja mesin mobil bensin dengan mesin mobil diesel, terutama ketika mesin berada di tahap pembakaran atau combustion.
 
Pada mobil bermesin bensin, proses pembakaran di ruang bakar dipicu oleh percikan dari busi di setiap ruang silinder yang berisi campuran bahan bakar dan udara, untuk mendorong piston kembali ke titik mati bawah (TMB).
 
Sedangkan mobil mesin diesel tidak menggunakan busi. Untuk memasuki proses pembakaran, mesin diesel hanya memerlukan udara yang terkompresi dengan tekanan tinggi, ditambah dengan semprotan solar dari injektor.
 
Karena itu, rasio kompresi mesin diesel cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan mesin bensin. Apabila mobil keluaran terbaru memiliki rasio kompresi dari kisaran 10:1 hingga 13:1, mobil diesel bisa mencapai 15:1 hingga 22:1.
 

Memahami Rasio Kompresi Mesin

 
Rasio kompresi adalah perbandingan antara volume silinder ketika piston berada di titik mati bawah (TMB) dengan posisi piston pada titik mati atas (TMA). Semakin tinggi perbandingan volumenya, artinya udara yang terkompresi semakin banyak.
 
Karena mobil diesel memiliki rasio kompresi yang tinggi, maka oli yang lebih kental dibutuhkan agar mesin bisa bertahan di suhu yang tinggi. Selain itu, oli mobil diesel juga diharuskan mampu menetralisir tingkat kandungan sulfur yang lebih tinggi, juga meredam getaran pada mesin diesel. Itu lah mengapa mobil diesel perlu menggunakan oli khusus diesel.
 

Fastron Diesel 15W-40 untuk Mobil Diesel Modern

 
Karena itu Fastron Diesel hadir dengan kekentalan 15W-40. Oli mobil diesel sintetik ini cocok dengan mobil diesel keluaran terbaru dengan mesin diesel berteknologi common rail, direct injection, turbocharger, dan Exhaust Gas Recirculation (EGR) agar mesin diesel bisa tetap bersih dan bekerja optimal. Fastron Diesel 15W-40 memiliki spesifikasi API CI-4, yang merupakan spesifikasi diesel tertinggi di Indonesia.
 
Sobat Pertalub bisa menemukan Fastron Diesel 15W-40 di outlet resmi Pertamina, seperti Bright dan Olimart, atau melalui distributor resmi Pertamina Lubricants.
 
Untuk mengetahui pelumas Fastron apa yang cocok untuk mobil sobat Pertalub, silakan kunjungi situs Dr.Lube!



Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas