Semangat Pertamina Lubricants Mengedukasi 5 Sekolah Vokasi di Cilacap

Senin, 12 Dec 2022 | 209 views   179 likes


Cilacap - PT Pertamina Lubricants (PTPL) melalui salah satu pabrik pelumas Production Unit Cilacap (PUC) melaksanakan salah satu program tanggung jawab sosial perusahaan berupa Enduro Home Service dengan salah satu kegiatannya mengedukasi guru dan siswa SMK. Kegiatan bertajuk “Mengenal Industri, Teknologi, dan Produk Pelumas Pertamina” ini dilaksanakan di 5 SMK di Kabupaten Cilacap.
 
Selama sepekan, Production Unit Cilacap mengedukasi SMK Negeri 2 Cilacap, SMK YPE Cilacap, SMK Tamtama 2 Sidareja, SMK Negeri Nusawungu, dan SMK Al Munawwarah dengan total lebih dari 1000 partisipan. Prasetiyo Budi, Manager Production Unit Cilacap menyatakan bahwa kegiatan mengajar di sekolah vokasi rutin dilaksanakan tiap tahun guna meningkatkan pengetahuan guru dan siswa dalam hal industri pelumas.
 
Antusiasme peserta terlihat saat materi disampaikan oleh Naufa Helmi (Jr. Spv Blending dan Sukma Kharisma (Jr. Spv. Filling) dari Production Unit Cilacap. Melalui penyampaian interaktif, pemateri memaparkan seluk-beluk kepelumasan. 
 
Peserta menerima materi sifat-sifat fisik Pelumas secara umum, klasifikasi pelumas, apa saja jenis pelumas Pertamina, bagaimana performance level tiap pelumas, informasi detil keterangan yang dicantumkan dalam kemasan pelumas dan bagaimana tips memilih pelumas sesuai dengan kendaraan. 
 
“Teknologi pelumas mengikuti teknologi otomotif yang sedang berkembang. Siswa SMK khususnya jurusan Otomotif tentu harus mengetahuinya. Melalui kegiatan ini, kami memperkenalkan pula kualitas produk Pelumas Pertamina yang memenuhi standar mutu internasional,” tutur Naufa Helmi.
 
Kepala SMK Negeri 2 Cilacap, Akhmad Murwanto dalam sambutannya menyatakan bahwa siswa SMK sangat membutuhkan ilmu langsung dari para praktisi, terutama pelaku industri. Sementara itu, Mochamad Muchlis Kepala SMK YPE Cilacap mengungkapkan bahwa seminar yang dilaksanakan oleh Pertamina tak hanya memberikan materi kepelumasan, tetapi memberikan motivasi dan semangat bagi siswa untuk belajar giat.
 
Pertamina Lubricants sebagai perusahaan yang melaksanakan program tanggung jawab sosial memiliki kepedulian terhadap peningkatan edukasi. Upaya Pertamina Lubricants dalam program ini diantaranya Training Pembekalan Guru dan siswa tentang Industri dan Produk Pelumas, sharing knowledge, dukungan modal kerja untuk bengkel sekolah, membangkitkan kembali unit produksi di sekolah, memberikan bantuan praktek “Enduro Home Service” guna mendorong keterampilan entrepreneurship para siswa.
 
Program ini telah menciptakan kemitraan strategis antara perusahaan dan sekolah. Ke depan, perusahaan terus mendukung dan berkontribusi sehingga mampu memberikan dampak positif bersama, khususnya bagi dunia pendidikan dan industri di Indonesia.



Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas