Walikota Jakarta Utara Apresiasi Upaya Peduli Sampah PTPL

Senin, 21 Feb 2022 | 70 views   303 likes


Jakarta Utara - Sebagai bentuk penghargaan atas langkah-langkah pengelolaan sampah di sekitar wilayah operasi, Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara memberikan piagam apresiasi kepada Production Unit Jakarta (PUJ). Piagam diserahkan langsung oleh Walikota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim, didampingi oleh Kepala Suku Dinas Jakarta Utara, Achmad Hariadi kepada Manajer PUJ Dody Arief Aditya dan Senior CSR Officer PTPL, M. Subhan Amrullah, di Kantor Walikota Jakarta Utara pada hari Senin, 21 Februari 2022. Penghargaan ini juga diberikan bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2022. 
 
Menyampaikan arahan secara online, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memberikan arahan dalam peringatan HPSN dari TPST Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat, dengan tema ‘Festival Kolaborasi Jakarta Sadar Sampah’. Anies menekankan upaya kolaborasi multi-stakeholders dalam mengatasi permasalahan sampah. 
 
Dody menuturkan, “PUJ akan terus mendukung dan mendorong masyarakat khususnya ring 1 perusahaan dalam pengelolaan sampah melalui kegiatan TJSL. Pengelolaan sampah diharapkan dapat dijadikan produk yang berkualitas dan memiliki nilai jual ekonomis.” 
 
PUJ memiliki beberapa program terkait pengelolaan sampah dan lingkungan di wilayah ring 1 perusahaan, yaitu Bank Sampah Berkah (Kelurahan Tugu Selatan), Bank Sampah Al-Hidayah (Kelurahan Tugu Utara), Bank Sampah Koja, dan Program Sanitasi Bersih (Kelurahan Koja). PUJ berperan dalam pembentukan dan pengembangan organisasi Bank Sampah, dengan memberikan bantuan alat dan perlengkapan, hingga pelatihan pengurus Bank Sampah. Sedangkan untuk program Sanitasi Bersih, PUJ memberikan bantuan pembangunan Septic Tank dan penghijauan lingkungan. 
 
Selama tahun 2021, Bank Sampah Berkah sudah mengelola sampah di wilayah Tugu Selatan sebanyak 15.734 kg dengan penghasilan lebih dari Rp 61.000.000 dan jumlah nasabah sekitar 256 orang. Bank Sampah Berkah juga melakukan pemanfaatan sampah organik menjadi pupuk kompos dan pupuk cair. Selain itu, juga terdapat pembuatan kerajinan dari limbah drum. Bank Sampah Berkah juga menggandeng RT/RW terkait gerakan celengan sampah dengan memanfaatkan limbah drum.



Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas