Apa yang Terjadi Ketika Mesin Mobil Sering Menghadapi Macet

Kamis, 04 Apr 2024 | 62 views   58 likes


Mudik Ramadan Idulfitri seringkali menjadi momen yang ditunggu-tunggu bagi banyak orang. Namun, sering kali Sobat Pertalub terjebak kemacetan saat perjalanan yang bisa menjadi pengalaman melelahkan. Tidak hanya membuat stres bagi pengemudi mobil, tapi juga bisa berdampak buruk bagi mesin mobil.
 
Kondisi macet yang berlarut-larut membuat mesin mobil bekerja lebih keras dari biasanya. Hal ini membutuhkan perawatan ekstra agar mesin tidak mengalami kendala kerusakan yang serius. Lalu, apa sebenarnya yang terjadi ketika mesin mobil sering menghadapi macet di jalan?
 
Berikut adalah beberapa poin penting yang bisa terjadi ketika mesin mobil sering terjebak dalam kemacetan:
 

1. Mesin Overheat

Salah satu dampak utama dari kemacetan adalah risiko overheating atau panas berlebih pada mesin. Ketika mobil terus berjalan dengan kecepatan sangat rendah, aliran udara yang masuk ke dalam radiator menjadi terhambat, menyebabkan suhu mesin naik secara signifikan. Hal ini dapat merusak komponen-komponen mesin dan bahkan menyebabkan kerusakan permanen jika tidak segera diatasi.

 

2. Komponen Rem Bermasalah

Selain mesin, komponen-komponen lain seperti sistem rem juga bisa mengalami masalah akibat kemacetan. Pada kondisi macet, penggunaan rem menjadi lebih sering karena mobil harus sering berhenti. Hal ini dapat menyebabkan overheating pada sistem rem, bahkan dapat menyebabkan kerusakan pada komponen seperti kampas rem dan cakram.

 

3. Boros Bahan Bakar

Operasi mesin dalam kondisi macet dapat menyebabkan penggunaan bahan bakar yang lebih tinggi dari biasanya. Mesin yang terus-menerus idling atau berjalan dengan kecepatan sangat rendah akan mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak untuk menjaga mesin tetap berjalan. Hal ini dapat mengurangi efisiensi bahan bakar dan terkesan lebih boros.

 

4. Kualitas Oli Cepat Menurun

Ketika mesin bekerja dalam kondisi macet, suhu mesin cenderung naik secara signifikan. Ini dapat menyebabkan kualitas oli cepat menurun karena oli lebih cepat teroksidasi dan tercemar dengan partikel-partikel kotoran. Kualitas oli yang menurun dapat mengurangi kemampuan pelumasannya, sehingga meningkatkan risiko gesekan dan keausan pada komponen mesin.
 
Sangat penting bagi pengguna mobil untuk segera mengganti oli untuk menjaga kesehatan mesin tetap terjaga. Dengan melakukan perawatan yang tepat dan mengatasi masalah-masalah yang muncul akibat kemacetan dengan cepat, Sobat Pertalub harus menjaga kondisi kendaraan tetap optimal saat menghadapi perjalanan panjang seperti mudik Ramadan Idulfitri. Sobat Pertalub dapat mengunjungi Fastron Auto Service terdekat untuk melakukan ganti oli mobil dan melakukan service ringan sebelum mudik. 
 
Jangan lupa untuk cek kecocokan oli dengan mobil melalui Dr. Lube dan mengetahui tips-tips perawatan kendaraan melalui artikel resmi Pertamina Lubricants!

 




Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas