PTPL Sabet 4 Predikat Gold dan 1 Silver di APQ Award 2022

Rabu, 08 Jun 2022 | 428 views   1491 likes


Jakarta - PTPL berhasil meraih 4 Predikat Gold dan 1 Silver di Ajang penghargaan inovasi tahunan “Annual Pertamina Quality (APQ) Award 2022” yang resmi dibuka oleh Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati dengan tema "Fuel Up The Energy To Speed Up Towards Innovation" yang berlangsung secara hybrid, pada 6-8 Juni 2022. 
 
APQ Awards merupakan sebuah Ajang Penganugerahan terhadap pelaksanaan Agenda Quality khususnya implementasi 4 Pilar manajemen Kualitas kepada Insan Mutu di lingkungan PT Pertamina (Persero). APQ Awards merupakan agenda tahunan dari fungsi QMS yang sudah berjalan sejak tahun 2010 dan tahun 2022 ini merupakan tahun ke-12 APQ Awards dilaksanakan.
 
Tahun 2022 ini PTPL mengirimkan 5 gugus yaitu PC-PROVE PERKUSI 7 (S&M dan CORDEV), FT-PROVE PERTACOOL (PUC), RT-PROVE TRACTACUS DE COMPUTIS (FINANCE & PUC), I-PROVE MASIH HANDSOME (LAB PD & CORDEV), dan FT-PROVE ROCKET (QI PUC-QA). Masing-masing gugus mempresentasikan hasil inovasi atau improvementnya di hadapan Dewan Juri dan para Perwira Mutu Pertamina saat sesi Wawancara dan Presentasi pada Forum Sharing CIP Tingkat Korporat yaitu Annual Pertamina Quality Awards (APQA) 2022. 
 
PC-PROVE PERKUSI 7 (S&M dan CORDEV) mendapat predikat GOLD dengan inovasi yang diangkat Meditrans SX Plus & Translik HD memiliki share volume terbesar di PTPL dan di konsumen Mining, dengan kompetisi harga yang sangat ketat sehingga Profitabilitas tertekan. PC-PROVE PERKUSI 7 memberikan solusi Inovasi dengan Reformulasi product Meditrans SX Plus & Translik HD baik Additive & Base oil yang dipakai. 
 
FT-PROVE PERTACOOL (PUC) mendapat predikat GOLD dengan inovasi yang diangkat yaitu terjadinya shortage AP 90477 yang menyebabkan tidak terproduksinya produk coolant series. Dimana AP 90477 ialah bahan baku utama dari produk coolant. Hal ini menyebabkan losses opportunity dan rendahnya pencapaian program produksi coolant. FT-PROVE PERTACOOL (PUC) memberikan solusi inovasi dengan pembuatan fasilitas untuk produksi AP 90477  secara in-house. 
 
RT-PROVE TRACTACUS DE COMPUTIS (FINANCE & PUC) mendapatkan predikat SILVER dengan inovasi yang diangkat belum adanya laporan persediaan yang secara lengkap meliput saldo persediaan di setiap lokasi secara detail, pergerakan persediaan & saldo per tanggal, bulan, tahun yang dapat ditampilkan setiap diperlukan untuk pengambilan keputusan manajemen terutama terkait Gain/Loss persediaan. RT-PROVE TRACTACUS DE COMPUTIS memberikan solusi inovasi monitoring persediaan dengan kertas Excel tidak digunakan kembali dan penggunaan aplikasi Material Balance untuk monitoring persediaan.
 
I-PROVE MASIH HANDSOME (LAB PD & CORDEV) mendapat predikat GOLD dengan inovasi permasalahan yang diangkat yaitu terdapatnya unsafe condition pada pengujian motor test di Lab. product Development PT. Pertamina Lubricants, dimana ketika proses pengujian motor test berlangsung, operator melakukan pengisian bahan bakar secara manual (menuang langsung bahan bakar kedalam tangki bahan bakar). Kondisi ini sangat berbahaya karena berpotensi terjadinya kebakaran. I-PROVE MASIH HANDSOME (LAB PD & CORDEV) inovasi solusi dengan membuat alat Automatic fuel Regulator (AFFR) plus flowmeter yang dipasangkan pada sepeda motor. Alat ini dapat menggantikan peran operator ketika melakukan pengisian bahan bakar dan lebih akurat dalam menghitung konsumsi bahan bakar. 
 
FT-PROVE ROCKET (QI PUC-QA) mendapat predikat GOLD dengan inovasi permasalahan yang diangkat yaitu lamanya waktu uji drop test material kemasan plastik (botol) sebesar rata-rata 4827 menit perbulan. FT-PROVE ROCKET (QI PUC-QA) memberikan solusi dengan pembuatan alat uji drop test semi otomatis “Multiple Drop Test Machine”.  
 
Direktur Sumber Daya Manusia PT Pertamina (Persero) M Erry Sugiharto dalam sambutannya menyampaikan harapannya kepada para pemenang di APQ Award 2022 agar dapat meraih penghargaan pada ajang inovasi internasional. “Selamat kepada pemenang seluruh kategori, harapan saya agar yang menjadi pemenang ini juga dapat menjadi juara di ajang inovasi internasional.” 
 
VP Corporate Development PTPL, Muhammad Zuchri menyampaikan ucapan selamat kepada para pemenang delegasi PTPL, “Selamat kepada Delegasi CIP PTPL atas pencapaiannya dalam ajang Annual Pertamina Quality (APQ) Awards 2022, terima kasih sudah memberikan kontribusi positifnya melalui inovasi/improvement bagi Perusahaan. Semoga kedepannya akan semakin banyak inovasi/improvement terbaik. Terus semangat, terus berinovasi dan memberikan yang terbaik bagi perusahaan".
 
Zuhri menambahkan, “segala bentuk inovasi dan improvement yang dilakukan di lingkungan PTPL tidak lepas dari adanya dukungan dari Tim Manajemen dan juga Fasilitator CIP PTPL, dan juga dengan dukungan penuh dari Manajemen PTPL. Perusahaan akan terus mendorong terciptanya inovasi dan karya nyata yang dapat direplikasi dan dikomersialisasi dalam rangka keberlanjutan bisnis perusahaan di masa depan.”



Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas