Dorong Digitalisasi UMKM, PTPL Berikan Pelatihan Social Media Marketing

Kamis, 02 Jun 2022 | 108 views   246 likes


Gresik - salah satu pabrik pelumas PTPL Production Unit Gresik (PUG), terus mendukung kemajuan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya dalam beradaptasi dengan dunia digital. Komitmen ini ditunjukkan dengan pemberian pelatihan Social Media Marketing pada hari Kamis (2/6) di Kampung Marlisa, Kelurahan Sukorame.
 
Pelatihan Social Media dilakukan dengan berkolaborasi bersama Persatuan Wanita Patra (PWP) PT Pertamina Lubricants Wilayah Gresik dan diikuti oleh 25 peserta dari 5 UMKM, yakni Cafe Kopi Sampah, Teras Lemori, Kampung Marlisa, Tani Kota Pertanian Kp. Kreasi, dan UKM Barbershop Karang Taruna Jagal Bangkit.
 
Materi pelatihan disampaikan oleh Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Perindag (Diskoperindag) serta Asosiasi Gading Emas Kabupaten Gresik yang didampingi langsung oleh Pengawas Koperasi Ahli Muda Diskoperindag Koes Soedarsono dan Wakil Ketua dari Asosiasi Gading Emas Kabupaten Gresik Santi Marlina.
 
Program upskilling digital ini merupakan salah satu upaya pendampingan dan pemberdayaan UMKM mitra binaan PTPL, khususnya di Gresik agar naik kelas dan mampu menyesuaikan bisnisnya dengan kemajuan teknologi dan perkembangan zaman.
 
Selain itu, kegiatan ini merupakan bentuk nyata kolaborasi PTPL bersama Pemerintah daerah, khususnya Diskoperindag, Kabupaten Gresik dalam melatih dan mendampingi masyarakat agar usahanya bisa mandiri dan maju.
 
"Di era saat ini, media sosial menjadi hal yang cukup mendasar untuk dikuasai oleh berbagai bisnis. Terlebih saat ini akses internet sudah sangat luas dan terjangkau. Melalui media sosial juga peluang semakin terbuka lebar. Besar harapan kami, ilmu yang diberikan ini dapat diterima dengan baik dan bermanfaat agar UMKM bisa naik kelas dan kedepannya dapat diimplementasikan," tutur Manager PUG, Setyo Nugroho.
 
Sebelumnya, PTPL juga telah memberikan dukungannya terhadap UMKM berupa pemberian 17 rombong UMKM dan pendampingan pembuatan NIB. Hal ini selaras dengan Tujuan Pembangunan Keberlanjutan (SDGs) no. 17 Kemitraan untuk Mencapai Tujuan. Serta selaras dengan komitmen Pertamina yaitu Energizing Community & Environment.
 
“Dalam satu hari, manusia menghabiskan waktunya delapan jam di depan gadget. Hal ini merupakan suatu peluang besar untuk kita bisa mengembangkan usaha di bidang digital marketing, oleh karena itu ini merupakan kesempatan yang besar untuk kita belajar bersama mengembangkan bisnis kecil yang akan menjadi besar di kemudian hari. Tentunya dengan dukungan berbagai pihak yang bergerak bersama untuk kemajuan UMKM di Indonesia,” tutur Dwi Ridha, Ketua PWP PTPL Wilayah Gresik.



Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas