PT Pertamina Lubricants Siap Terapkan Sistem Manajemen Anti Penyuapan Sesuai ISO 370012016

Jumat, 19 Feb 2021 | 61 views   175 likes


Jakarta – Dalam rangka mewujudkan visi dan misi perusahaan, mendukung tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance), serta melaksanakan komitmen perusahaan terkait kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, PT Pertamina Lubricants saat ini sedang melakukan kegiatan proses Sertifikasi SNI ISO 37001:2016 tentang Sistem Management Anti Penyuapan (SMAP).
 
SMAP memberikan panduan bagi organisasi, baik sektor publik, swasta, dan nirlaba dalam membangun, mengimplementasikan, dan meningkatkan program kepatuhan untuk mencegah (prevent), mendeteksi (detect), dan menangani (respond) terjadinya tindak pidana suap berdasarkan pada 6 prinsip, yaitu:
 
•    Prosedur yang proporsional;
 
•    Komitmen pimpinan;
 
•    Manajemen risiko yang terukur dan termonitor;
 
•    Uji kelayakan (due diligence);
 
•    Komunikasi yang efektif, serta;
 
•    Monitoring dan review/evaluasi
 
Penerapan keenam prinsip tersebut dilakukan dalam sebuah proses yang disebut PDCA yaitu Plan, Do, Check, dan Action.
 
Sebagai tujuan dari penerapan SMAP di perusahaan, diharapkan seluruh pekerja dan pemangku kepentingan/stakeholders PT Pertamina Lubricants dapat berkomitmen dan menerapkan prinsip 4 No’s, yaitu No Bribery, No Kickback, No Gift dan No Luxurious Hospitality.
 
Tahapan persiapan sertifikasi telah dimulai sejak awal tahun 2021 dengan penunjukkan tim konsultan pendamping proses persiapan sertifikasi SMAP yakni PT Badak Arun Solusi. Setelah itu dilanjutkan dengan diselenggarakannya training dan sosialisasi untuk seluruh Direksi, manajemen dan pekerja pada tanggal 21 dan 27 Januari 2021 secara virtual.
 
Saat ini proses selanjutnya adalah penyusunan dokumen ISO 37001:2016 dan praktik lainnya untuk dapat memenuhi sertifikasi ISO tersebut.
 
Dengan berjalannya proses ini, PT Pertamina Lubricants berkomitmen kuat untuk terus mendukung PT Pertamina (Persero) dalam memperkuat bisnis pelumas dan chemicals yang berkelanjutan bagi Indonesia dengan menjalankan bisnis dan operasi bebas suap dan korupsi.



Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas