Kembangkan SDM Unggul Masa Depan, PT Pertamina Lubricants Luncurkan Program Internship 2021

Kamis, 01 Apr 2021 | 146 views   276 likes


Jakarta - Dalam rangka sinergi Pertamina Group sekaligus sebagai upaya untuk mengembangkan potensi terbaik generasi muda anak bangsa, PT Pertamina Lubricants meluncurkan Program Internship Tahun 2021 secara virtual pada hari Kamis (4/1).
 
Program ini merupakan salah satu rangkaian kerja sama setelah dilakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Universitas Pertamina dan PT Pertamina Lubricants terkait Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat pada Februari 2020 lalu.
 
Sinergi ini berfokus pada pengembangan kompetensi sumber daya manusia, bantuan tenaga ahli, pengembangan perguruan tinggi, pertukaran mahasiswa, dosen dan karyawan, lokakarya, pelatihan, seminar, pameran dan kegiatan ilmiah lainnya, serta penggunaan fasilitas yang dimiliki keduabelah pihak. Salah satu bagian dari sinergi ini adalah program Internship/magang.
 
Peluncuran program dihadiri oleh Direktur Utama PT Pertamina Lubricants Ageng Giriyono bersama seluruh jajaran Direksi, Rektor Universitas Pertamina Prof. Ir. I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja, Ph.D, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Budi W. Soetjipto, Ph.D, Wakil Rektor III Bidang Penelitian, Pengembangan dan Kerjasama Prof. Dr. Ir. Wawan Gunawan A. Kadir, MS peserta seluruh peserta magang.
 
Program Internship PT Pertamina Lubricants dilatarbelakangi oleh perusahaan yang semakin tumbuh besar sebagai market leader dalam industri pelumas nasional dan internasional. Berkembangnya bisnis ini dan juga potensi pengembangan bisnis lainnya di masa depan mengharuskan PT Pertamina Lubricants untuk siap bersaing, khususnya dalam hal kapabilitas sumber daya manusianya.
 
Direktur Utama PT Pertamina Lubricants Ageng Giriyono mengatakan bahwa Link & Match industri dan perguruan tinggi menjadi bagian yang sangat penting untuk membangun generasi yang lebih tangguh.
 
“PT Pertamina Lubricants merupakan salah satu anak perusahaan Pertamina yang mengelola customer goods yaitu produk pelumas. Kami yakin jika kekuatan Pertamina Group dioptimalkan, maka akan menghasilkan kekuatan yang berdampak baik terhadap perkembangan bisnis. Sinergi pengembangan talenta-talenta yang ada di Universitas Pertamina merupakan bentuk hubungan stakeholders yang harus terus terjalin dan ditingkatkan. Ini merupakan bagian dari pengembangan yang dilakukan oleh PT Pertamina Lubricants dalam menyiapkan generasi muda untuk menghadapi aktivitas bisnis yang nyata,” ungkapnya.
 
Ageng menuturkan harapannya bahwa Program Internship ini dapat menjadi pembekalan bagi mahasiswa untuk menggapai mimpi yang lebih besar lagi dan memberikan semangat untuk menjadi orang yang lebih besar lagi dikemudian hari. Tak hanya itu, mahasiswa juga diharapkan dapat menjadi Duta Pertamina untuk menyampaikan kiprah PT Pertamina Lubricants sebagai perusahaan nasional berkelas dunia kepada masyarakat.
 
Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Pertamina Prof. Ir. I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja, Ph.D menyampaikan rasa terimakasihnya kepada PT Pertamina Lubricants atas program ini. “Program Internship ini menjadi titik awal Pertamina Group dalam membantu membangun generasi muda yang siap kerja dan merupakan kesempatan emas untuk memasuki dunia nyata. PT Pertamina Lubricants merupakan tempat yang luar biasa untuk belajar karena sudah berbisnis secara global. Kami ingin anak-anak muda Universitas Pertamina juga nantinya akan memiliki mindset dan wawasan global. Terimakasih PT Pertamina Lubricants atas kesempatan ini.”
 
Program Internship merupakan bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau Pekerja yang lebih berpengalaman selama 1 tahun.  Program magang 1 tahun ini dimulai dengan melakukan proses identifikasi kebutuhan tenaga internship internal di PT Pertamina Lubricants. Kemudian dilakukan proses sourcing dan recruitment calon peserta dari Universitas Pertamina dan seleksi administrasi serta wawancara kandidat.
 
Dari 48 kandidat peserta dari Universitas Pertamina, telah terpilih 26 peserta yang lolos untuk selanjutnya mengikuti kegiatan magang di Jakarta dan ditempatkan diberbagai fungsi seperti Corporate Secretary, Sales & Marketing Domestic Retail Automotive, Laboratorium Production Unit, Quality Assurance, Distribution, hingga Finance.
 
Peserta Program Internship ditargetkan untuk memperoleh pemahaman terhadap wawasan fungsi sesuai dengan parameter antara lain Pengetahuan Tentang Pekerjaan, Kualitas/Mutu Pekerjaan, Kuantitas/Jumlah Pekerjaan dan Pencapaian Target/Deliverables.



Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas