Door to Door Layanan Kesehatan Gresik di Masa Pandemi

Senin, 26 Apr 2021 | 30 views   197 likes


Gresik - Akses kesehatan dan kebutuhan akan gizi baik bagi anak dan masyarakat Indonesia merupakan hal yang sangat penting. Saat ini, akses tersebut masih belum merata ditanah air.
 
Mengetahui keadaan ini, pada tahun 2016, Production Unit Gresik bersama Posyandu Pulopancikan Kab. Gresik bekerjasama dengan Puskesmas Alun-alun Kab.Gresik bersama-sama melaksanakan Program Pertamina Sehati melalui pelayanan kesehatan bagi masyarakat dengan membuat di tiga titik pos kesehatan di wilayah desa Pulopancikan.
 
Mendapat respons yang baik dari masyarakat pada tahun 2017, program ini memiliki jumlah kader posyandu aktif sebanyak 24 orang dan bertambah juga pos kesehatan menjadi enam titik serta ditambah dengan kegiatan program posyandu untuk lansia.
 
Pada tahun 2018, dilakukan pelatihan upskilling kepada kader posyandu dan menambahkan program pemeriksaan kesehatan yaitu pemerikasaan kanker serviks dengan metode IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat). Kemudian di tahun 2019 ditambahkan program kelas untuk Ibu hamil.
 
Namun pada masa Pandemi, banyak warga tidak dapat berobat ataupun melakukan cek kesehatan ke Puskesmas dan program Pos Kesehatan pun dihentikan sementara.
 
Hal ini dirasakan juga oleh Kepala Bidan Puskesmas Alun-alun Kabupaten Gresik Ismu dan Ketua Kader Posyandu Desa Pulopancikan Anis. Keduanya menginisiasi untuk memberikan layanan kesehatan secara door-to-door kepada balita dan lansia melalui kader-kader posyandu yang berpusat di Posyandu Desa Pulopancikan.
 
Kegiatan layanan kesehatan secara door-to-door bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya untuk tetap menjaga kesehatan dan berprilaku hidup sehat, serta terus mengontrol kualitas kesehatan masyarakat seperti tumbuh kembang anak, status dan pemenuhan gizi balita, pemantauan kesehatan lansia. Seluruh pelaksanaan program ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan disetiap pemeriksaanya.
 
Program layanan kesehatan door to door di Desa Pulopancikan ini di dukung oleh 30 kader posyandu aktif dan memberikan akses kesehatan bagi 5.112 warga desa Pulopancikan, 215 balita dengan akses monitoring kesehatan tumbuh kembang dan status gizi tiap bulannya, dan 30 lansia dengan akses untuk memeriksa kesehatan secara lengkap dengan saving budget masyarakat sebesar Rp 479.618.000 per tahunnya.



Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas