Bertransformasi Digital dan Industri 4.0, Pertamina Lubricants Raih BUMN Branding & Marketing Awards 2018

Rabu, 21 Nov 2018 | 131 views   178 likes


Jakarta – PT Pertamina Lubricants kembali menunjukan konsistensinya dalam memperkuat brand pelumas Pertamina dengan terus berinovasi dan membangun strategi-strategi pemasaran yang berbasis digital dan kian menerapkan revolusi industri 4.0 dengan meraih tiga penghargaan dalam ajang BUMN Branding & Marketing Award 2018 untuk kategori Brand Strategy, The Best Marketing Sector Manufacturing & Mining dan The Best Chief Marketing Officer (CMO). Penghargaan diterima langsung oleh Direktur Sales & Marketing PT Pertamina Lubricants Andria Nusa di J Jakarta –  akarta.
 
Dengan tema tahun ini yakni, “Merebut Peluang Era Industri 4.0 Melalui Penguatan Merek Indonesia”, PT Pertamina Lubricants melalui merek-merek unggulannya dinilai berhasil menjalankan strategi marketing yang terintegrasi dengan mengedepankan transformasi digital dan sudah mulai menerapkan perubahan industri 3.0 menuju 4.0 dalam berbagai proses dan lini bisnis pelumas.
 
Sebagai market leader produsen pelumas nasional, PT Pertamina Lubricants terus memperkuat jaringan dan metode marketing dengan mengikuti perkembangan tren pasar, tren teknologi dan juga tren digitalisasi yang sudah diadopsi oleh pelanggan dan masyarakat di era ini. Hal ini dibuktikan melalui gencarnya marketing yang dilakukan secara online baik melalui social media, website dan juga memanfaatkan medium e-commerce sebagai wadah menjual pelumas Pertamina. Marketing melalui e-commerce ini sudah dijalankan perusahaan lebih dari 2 tahun dan memberikan experience yang lain kepada konsumen. PT Pertamina Lubricants juga sudah mulai menjalankan kerjasama dengan berbagai perusahaan Fintech seperti Go-Pay, OVO dan T-Cash untuk sistem pembayaran dan tracking di OliMart, salah satu bengkel own-channel Pertamina Lubricants yang tersebar di seluruh Indonesia.
 

 

“Menjalankan marketing secara online tentunya mendekatkan produk kami kepada konsumen yang sudah mulai “menomorduakan” belanja secara konvensional walaupun untuk industri pelumas ini, pembelian konvensial masih menjadi pilihan pertama. Selain itu, ranah ini mempermudah kami untuk menjalankan komunikasi dua arah. Konsumen berbicara, kami menanggapi secara real time. Tentu efeknya lebih terasa di kami dan kami jadi cepat untuk melakukan perbaikan.” Ungkap Arie Anggoro, Vice President Sales & Marketing Domestic Retail Automotive PT Pertamina Lubricants. 
 
Selain melakukan marketing secara digital, penerapan digitalisasi juga sudah dilakukan secara internal untuk memonitor proses sales dan marketing baik dalam lini penjualan, produksi, distribusi, keuangan dan Human Resources seperti penerapan SAP, I-Serve, POWER (Pertamina Owner & Mechanic Reward), MFORCE, dan MySFA.
 
Arie Anggoro melanjutkan,”Transformasi digital juga dimulai dari dalam perusahaan kami. Penerapan berbagai sistem mempermudah kami untuk menjalankan dan memonitoring proses bisnis secara lebih cepat dan akurat”.
 
Untuk membangun nama brand di kancah dunia pun, PT Pertamina Lubricants sudah mulai menekankan pemasaran via digital melalui website dan social media sebagai wadah brand awareness kepada masyarakat dunia. Perusahaan bekerjasama dengan distributor atau partner setempat untuk membangun medium social media yang dalam menjadi medium dua arah antara perusahaan dan konsumen. Selain itu, perusahaan juga gencar melakukan aktivasi overseas lainnya seperti outlet branding, exhibition, sales meeting dan in-house training. 
 
BUMN Branding dan Marketing Award 2018 merupakan penghargaan yang diadakan oleh BUMN Track bekerjasama dengan Arrbey Consulting sebagai bentuk apresisasi terhadap perusahaan BUMN dan Anak Perusahaan BUMN terbaik dari sisi branding dan marketing dan telah berhasil mengembangkan inovasi branding dan marketing pada era 4.0 ini



Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas