Pertamina Lubricants Meresmikan Pelatihan dan Pendampingan Bengkel Pertamina Sahabat Nelayan

Selasa, 21 Sep 2021 | 154 views   303 likes


Cilacap - PT Pertamina Lubricants (PTPL) melalui Production Unit Cilacap meresmikan program tanggung jawab sosial perusahaan yakni Pertamina Sahabat Nelayan di Rukun Nelayan Sentolokawat dan Pandanaran Cilacap pada Selasa (21/9).
 
Acara dihadiri oleh Manager Production Unit Cilacap Anugrah Saputra, Kepala Dinas Perikanan Cilacap Ditiasa Pradipta, Balai Latihan Kerja Cilacap Guntoro Sejati, Perwakilan dari Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Kab.Cilacap Iskandar, beserta Ketua Rukun Nelayan dan Tim Satgas Pencegahan Covid-19 Cilacap Selatan untuk memastikan kegiatan sesuai dengan protokol kesehatan.
 
Pertamina Sahabat Nelayan merupakan program pemberdayaan yang terdiri dari pelatihan mesin tempel dan pendampingan perintisan bengkel nelayan. Pada 2019 program ini berhasil memberdayakan masyarakat nelayan di Rukun Nelayan Tambakreja. Terbentuk unit bisnis bengkel di bawah Koperasi Mina Lumbung Jaya yang memberi kemudahan perbaikan mesin tempel, ketersediaan bahan bakar dan pelumas, serta alat perlengkapan nelayan. Pada tahun 2021, program diperluas di 2 lokasi yakni Rukun Nelayan Sentolokawat dan Pandanaran.
 
Program terdiri dari pelatihan dan rangkaian pendampingan bengkel mesin kapal yang diharapkan mampu meningkatkan ekonomi nelayan. Dalam acara tersebut diresmikan pelatihan untuk 15 orang peserta sekaligus pemberian  bantuan secara simbolis  berupa dukungan peralatan dari PTPL terdiri dari kompressor, toolkit, paket pelumas, dan perlengkapan bengkel lainnya. 
 
Ditiasa Pradipta, Kepala Dinas Perikanan Cilacap memberikan dukungan pada pelatihan ini, "Kami mendukung penuh pelaksanaan pelatihan dan pendampingan bisnis bengkel Pertamina Sahabat Nelayan di lingkungan kami. Para peserta antusias karena pelatihan perbaikan mesin tempel memang benar-benar mereka butuhkan" tutur Ditiasa.
 
Manager Production Unit Cilacap Anugrah Saputra menuturkan bahwa perusahaan terus mendukung keberlanjutan program berkaitan dengan pemberdayaan nelayan. Program tersebut menyasar prioritas 8 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yakni Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.
 
Guntoro Sejati, Kepala BLK Cilacap menyatakan kerjasama dengan berbagai sektor akan menyukseskan outcome dari Pertamina Sahabat Nelayan, "Kami berharap para peserta berperan aktif dalam pelatihan dan setelah dirintis  bengkel di wilayah Sentolokawat dan Pandanaran, gunakan jejaring yang ada untuk mengembangkan kerjasama agar lebih maju" ujar Guntoro.
 
Diharapkan dengan adanya pelatihan ini dapat memberi manfaat besar bagi nelayan dan mendukung kemandirian kelompok nelayan di Kabupaten Cilacap. Kegiatan ini sejalan dengan komitmen ESG (Economic, Social & Governance) Pertamina Go Sustainable dan pencapaian Sustainable dan  Development Goals (SDGs) nomor 1 yakni Menghapus Kemiskinan, nomor 8 yakni Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi dan nomor 17 yakni Kemitraan untuk mencapai tujuan.




Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas