Bersama Kader Sukorame Gresik, Pertamina Lubricants Terapkan Integrated Irrigation System

Senin, 30 Nov -0001 | 81 views   188 likes


Gresik – PT Pertamina Lubricants, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang mengelola usaha pelumas otomotif dan industri domestik dan internasional, melalui Production Unit Gresik (PUG) memberikan bantuan fasilitas penunjang produksi pertanian Integrated Irrigation System (IIS) kepada mitra binaan program CSR PT Pertamina Lubricants Kampung Markisa di Kelurahan Sukorame yang diterima langsung oleh Ketua Kader Lingkungan Sukorame, Retno Istanti pada Hari Selasa (27/7).


Integrated Irrigation system merupakan system instalasi pengairan lahan pertanian yang bisa di aplikasikan diperkotaan. Sumber air pada system ini berasal dari sumur bor yang terhubung ke manifold controller, dan melalui pipa disalurkan ke berbagai media tanaman markisa dalam satu waktu.


Manager Production Unit Gresik, Setyo Nugroho menyampaikan bahwa bantuan ini merupakan bentuk implementasi Program CSR PT Pertamina Lubricants kepada mitra binaan termasuk Kampung Markisa dalam meningkatkan jumlah produksi buah markisa di Kelurahan Sukorame.


"Tanaman markisa membutuhkan supply air yang rutin, sehingga kita bersama kader inisiatif untuk membuat inovasi, mengalirkan air secara langsung dari sumur resapan ke media tanam melalui Integrated Irrigation System.”


Setyo Nugroho juga menjelaskan bahwa jumlah penjualan produk minuman markisa pada bulan Juni sangat tinggi sampai dengan 3000 botol. Namun permintaan pasar tersebut belum mampu diimbangi dengan ketersediaan stok buah markisa yang ada. Hal tersebut disebabkan telah masuknya ke musim kemarau sehingga hasil panen buah berkurang. Oleh karena itu, diharapkan bantuan ini dapat menjadi solusi yang tepat bagi masyarakat.


“Merespon situasi saat ini dimana permintaan tinggi terhadap produk minuman markisa ini, dibutuhkan semangat dan inovasi untuk tetap produktif dari masyarakat. Salah satunya dengan penerapan inovasi Integrated Irrigation System (IIS) untuk menaikkan produksi yang akan memberikan profit, dan juga akan sangat membantu masyarakat terutama dimana kita masih dalam keadaan menghadapi pandemic Covid-19.” ungkap Setyo.


Dalam kesempatan yang sama Ketua Kader Lingkungan RT 1 RW 1 Kelurahan Sukorame, Retno Istanti menyampaikan terimakasih kepada PT Pertamina Lubricants yang selalu memberikan support kepada masyarakat di Kelurahan Sukorame.


“Usaha kelompok masyarakat di kelurahan Sukorame terus berkembang, dengan dukungan dan pendampingan dari PT Pertamina Lubricants kepada masyarakat, sehingga saat ini kampung markisa di kelurahan Sukorame ini sudah menghasilkan profit ekonomi yang berkelanjutan. Semoga dengan bantuan Integrated Irrigation System ini dapat menaikkan kapasitas produksi minuman markisa untuk memenuhi permintaan pasar.”


Selain bantuan berupa Integrated Irrigation System, PT Pertamina Lubricants Production Unit Gresik juga memberikan 1 set tempat sampah terpilah dan bantuan renovasi rumah baca kepada Kelurahan Sukorame dalam mendukung Program Kampung Iklim (Proklim) dan peningkatan minat baca anak dan masyarakat secara luas.


Kampung Markisa merupakan wilayah RW 1 Kelurahan Sukorame yang menerapkan sistem urban farming pembudidayaan buah markisa di sepanjang jalan kampung dengan media anjang-anjang. Kegiatan yang dilakukan di wilayah Ring 2 Production Unit Gresik, PT Pertamina Lubricants ini telah berlangsung sejak tahun 2018 dengan produk unggulan minuman markisa dan penjualan bibit markisa.


Program CSR PT Pertamina Lubricants ini berkontribusi dalam pencapaian Sustainable Developments Goals (SGDs) pada Pilar Ekonomi Nomor 8 yakni Ekonomi dan Pekerjaan yang Layak dan Pembangunan Lingkungan nomor 11 yakni Kota Pemukiman yang Berkelanjutan.




Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas