PT Pertamina Lubricants bersama Masyarakat Lakukan Gerakan Sanitasi Bantaran Kali

Minggu, 28 Apr 2024 | 41 views   160 likes


Gresik - PT Pertamina Lubricants melalui Production Unit Gresik bersama Karang Taruna Kelurahan RW 7 Sidokumpul dan Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PKP) Kabupaten Gresik melaksanakan program CSR Sanitasi Bersih Bantaran Kali dengan mengubah selokan yang dulu penuh dengan sampah dan berbau menjadi tempat aliran air yang bersih dan mampu menjadi tempat budidaya ikan lele oleh masyarakat.
 
Program ini ditandai dengan pelepasan ikan lele yang dilakukan oleh Spv HSSE Production Unit Gresik PT Pertamina Lubricants Ifan Sri Widodo di dampingi oleh Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Gresik Ir. Achmad Washil M.T, PKP Bidang Rumah Swadaya Hari Prasetijo S.Sos., M.M., Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gresik Drs. Umaya, Lurah Sidokumpul Sulaiman Rasyid, dan Ketua Karang Taruna Sidokumpul Imam Wahyu.
 
"Lingkungan yang bersih mencerminkan kehidupan bermasyarakat yang sehat. Kami berkomitmen untuk berkontribusi, bersama masyarakat secara gotong royong membersihkan kali dan selokan di wilayah kami beroperasi, berperan membantu kebersihan kali/selokan di wilayah ring perusahaan.” Ungkap Ifan.
 
Ia berharap agar kegiatan ini mampu membangun kesadaran dan memberikan edukasi bagi masyarakat untuk enggan membuang sampah sembarangan ke dalam selokan. "Selain untuk menjaga kebersihan, tentunya selokan yang berisi ikan lele tersebut dimanfaatkan untuk dibudidaya oleh masyarakat sehingga memiliki nilai ekonomis bagi mereka," lanjutnya
 
Sulaiman Rasyid mengapresiasi program sanitasi selokan dan budidaya ikan lele. "Rekan-rekan Karang Taruna RW 07 Sidokumpul Jagal Bangkit semakin membuat inovasi-inovasi lebih banyak lagi, apalagi tempo lalu melalui program Ngopi Bayar Sampah sudah masuk 200 besar lomba Sinovik dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, tentu prestasi yang sangat membanggakan." Ujarnya.
 
Rasyid menambahkan semoga program ini dapat memacu hasilnya untuk menjadi sebuah lokasi wisata bagi masyarakat setempat.
 
Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Gresik Ir. Achmad Washil menjelaskan bahwasannya PT Pertamina Lubricants telah menjalankan Good Corporate Citizenship yakni melakukan perencanaan yang baik, berkoordinasi dengan pemerintah setempat, diimplementasikan, dipantau dan di awasi pelaksanaannya,  dan merupakan penerapan CSR yang dapat diapresiasi.
 
"Tidak semua perusahaan di kabupaten Gresik menerapkan CSR seperti ini. PT Pertamina Lubricants bisa menjadi pemacu atau rolemodel perusahaan lainnya untuk dapat menerapkan Good Corporate Citizenshhip dalam pelaksanaan CSR di Kabupaten Gresik" ujar Washil.
 
Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gresik Drs. Umaya menjelaskan inovasi ini baru pertama kali dilakukan di wilayah perkotaan Gresik. "Saya mengucapkan rasa terima kasih terhadap masyarakat RW 07 Kelurahan Sidokumpul dan PT Pertamina Lubricants melalui program CSR ini telah melakukan banyak perubahan. Satu tahun ini lebih baik dari pada sebelum-sebelumnya, masyarakat telah melakukan penghijauan di lahan sempit ini melalui urban farming, pengelolaan sampah menjadi kerajinan dan saat ini budidaya ikan dalam selokan" pungkasnya



Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas