Apakah Mobil Perlu Tune Up Sebelum Perjalanan Keluar Kota?

Kamis, 04 Apr 2024 | 53 views   39 likes


Sobat Pertalub yang mudik di momen Ramadan & Idulfitri tahun ini, hati-hati di jalan ya! Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan kondisi mobil Sobat dalam kondisi optimal, seperti melakukan pengecekan tekanan ban, filter mobil, rem, hingga lampu mobil. Ada pun cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan tune up secara menyeluruh pada mobil. 
 
Lantas apa itu tune up dan apakah cara ini bisa mengurangi gangguan saat di perjalanan keluar kota?
 

Apa Itu Tune Up?

Tune up merupakan proses perawatan mobil dengan memeriksa komponen-komponen utama mesin mobil, seperti penggantian busi, filter udara, filter bahan bakar, pengaturan klep, dan pemeriksaan sistem pembakaran, dan lain sebagainya.
 
Tujuan tune up adalah untuk memastikan bahwa mesin bekerja dengan efisien, meminimalkan emisi, meningkatkan performa, dan memperpanjang umur mesin. Tune up juga dapat mencari tahu komponen rusak dan mana yang harus segera di ganti sebelum melakukan perjalanan keluar kota. 
 

Seberapa Pentingkah Tune Up Sebelum Perjalanan Keluar Kota?

Tune up mobil sangat penting untuk mengembalikan kondisi dan performa mobil layaknya seperti baru. Bisa dikatakan bahwa tune up dapat membuat mobil dalam kondisi terbaiknya untuk diajak mudik. Apa saja yang perlu di pertimbangkan sebelum melakukan tune up mobil?

 

1. Usia dan Kilometer Mobil

Mobil dengan usia yang sudah cukup tua atau telah menempuh jarak tempuh yang jauh akan memerlukan tune up lebih sering. Ini bertujuan untuk menjaga komponen mesin dalam keadaan optimal terutama mobil yang sudah melewati batas waktu atau jarak tempuh tertentu sejak tune up terakhir.

2. Riwayat Perawatan Mobil

Jika mobil rutin dirawat dan semua perawatan yang terjadwal telah dilakukan sesuai manual book, maka kemungkinan besar komponen mesin utama masih dalam kondisi baik. Kondisi ini, tune up sebelum perjalanan tidak perlu dilakukan, terutama jika tune up terakhir belum lama dilakukan.

3. Perjalanan Jauh dan Ekstrim

Jika Sobat Pertalub melakukan perjalanan jauh yang melibatkan kondisi jalanan ekstrem, seperti di pegunungan, maka diperlukan persiapan tambahan yang bisa dilakukan. Sobat Pertalub bisa mempertimbangkan tune up mobil untuk mencegah risiko masalah saat di perjalanan. 

 

Melakukan tune up mobil sebelum perjalanan keluar kota tentu dapat mengurangi risiko masalah di tengah perjalanan. Namun, tune up boleh saja tidak dilakukan apabila kondisi mesin masih dalam keadaan optimal atau jika riwayat tune up terakhir belum lama dilakukan.
 
Selain melakukan tune up, Sobat Pertalub dapat mengganti oli mobil dengan Pertamina Fastron Series yang cocok digunakan di segala macam jenis mobil dan cuaca. Sobat Pertalub dapat mengunjungi Fastron Auto Service terdekat untuk melakukan ganti oli mobil dan melakukan service ringan sebelum mudik. 
 
Jangan lupa untuk cek kecocokan oli dengan mobilmu melalui Dr. Lube dan mengetahui tips-tips perawatan kendaraan melalui artikel resmi Pertamina Lubricants!



Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas