Tingkatkan Kesejahteraan dan Produktivitas Nelayan Melalui Program Pertamina Sahabat Nelayan

Kamis, 18 Jan 2024 | 105 views   56 likes


Pertamina Lubricants menjadi perusahaan yang berkomitmen dan peduli terhadap pemberdayaan masyarakat, salah satunya masyarakat pesisir.
 
Pertamina Sahabat Nelayan merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Social dan Lingkungan (TJSL) dengan mendirikan bengkel dan pelatihan mekanik kepada para nelayan di wilayah operasional Pertamina Lubricants. 
 
Program ini bertujuan untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) unggul terutama para nelayan untuk menciptakan kemandirian ekonomi masyarakat wilayah pesisir.
 
Lalu apa saja program-program yang ada di Pertamina Sahabat Nelayan ini?
 

Pertamina Sahabat Nelayan

 
Program Pertamina Sahabat Nelayan merupakan program pemberdayaan yang terdiri dari pelatihan dan pendampingan perilisan bengkel yang diharapkan mampu meningkatkan ekonomi nelayan.
 
Salah satu program Pertamina Sahabat Nelayan yang sukses dilaksanakan yakni di wilayah Maluku Tengah. Ada 10 nelayan yang melaksanakan pelatihan selama 20 hari sepanjang program ini berlangsung.
 
Adapun materi yang diberikan dalam Pertamina Sahabat Nelayan adalah pelatihan mesin kapal, sosialisasi product knowledge pelumas Pertamina khusus sektor kelautan serta pembekalan pelatihan kewirausahaan perbengkelan.
 
Setelah itu, Pertamina Lubricants akan memberikan bantuan modal kerja berupa bengkel mesin tempel/mesin kapal, peralatan bengkel, dan branding untuk bengkel kapal.
 

Pertamina Sahabat Nelayan di Wilayah Operasi Pertamina Lubricants

 
Pertamina Lubricants juga melaksanakan program Pertamina Sahabat Nelayan di beberapa wilayah pesisir, seperti Cilacap, Gresik, dan Banten yang bekerja sama dengan Balai Pelatihan Kerja dan Penyuluhan Perikanan setempat.
 
Pertamina Sahabat Nelayan sejalan dengan komitmen ESG (Economic, Social & Governance) Pertamina Go Sustainable dan menyasar prioritas 1 dan 8 dari Sustainable Development Goals (SDGs), yakni Menghapus Kemiskinan, Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.



Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas