Enduro Tapal Batas: Meningkatkan Kompetensi Pemuda di Wilayah Perbatasan

Kamis, 18 Jan 2024 | 36 views   52 likes


Dalam rangka menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), Pertamina Lubricants memiliki serangkaian program yang bertujuan untuk menggali potensi pemuda Indonesia di bidang otomotif roda dua.
 
Tidak hanya di wilayah perkotaan dan kota-kota besar, Pertamina Lubricants juga menjangkau wilayah perbatasan untuk melaksanakan program berbasis Creating Shared Value (CSV) melalui program Enduro Tapal Batas.
 
Pertamina Lubricants percaya bahwa pemuda-pemuda di wilayah perbatasan juga memiliki potensi serupa dengan pemuda lainnya di Indonesia. Program ini hadir sebagai bentuk komitmen untuk terus menebar manfaat bagi masyarakat wilayah perbatasan, sekaligus memberikan akses terhadap pelumas Pertamina hingga wilayah 3T (Terdepan, Terluar & Tertinggal).
 

Sejarah Dimulainya Enduro Tapal Batas

 
Desa Sei Pancang, Kecamatan Sebatik Utara, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara adalah salah satu tempat berlangsungnya program Enduro Tapal Batas. Wilayah Sebatik Utara yang berbatasan langsung dengan Malaysia, memiliki isu keterjangkauan karena wilayah yang jauh dari perkotaan.
 
Alhasil bengkel setempat mengalami kesulitan menjangkau produk Pertamina, juga minim pengetahuan akan produk pelumas Pertamina.
Program Enduro Tapal Batas disahkan pada bulan November 2021. Saat itu Pertamina Lubricants memberikan bantuan kepada dua bengkel UMKM karang taruna yaitu “Faris bengkel” dan “Aqila Bengkel” dalam bentuk pemberian fasilitas seperti pelumas, wearpack, rak penjualan pelumas, branding bengkel Enduro Express serta pendampingan bisnis.
 

Sinergi Enduro Tapal Batas dengan Balai Latihan Kerja (BLK)

 
Pada tanggal 17-25 Oktober 2022, Pertamina Lubricants bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Nunukan untuk melaksanakan program pelatihan kerja selama tujuh hari yang diikuti oleh lima pemuda karang taruna setempat yang memiliki minat dan bakat di bidang otomotif.
 
Agar program pelatihan berjalan maksimal, peserta program diberikan kesempatan untuk melaksanakan magang di 2 bengkel mitra binaan Pertamina Lubricants selama 14 hari. Selama program berlangsung, peserta dapat belajar banyak hal dari segi teknis otomotif maupun ilmu pengelolaan bisnis bengkel yang kelak bisa dipraktekkan secara langsung.
 
Ke depannya, Pertamina Lubricants berencana untuk mendirikan usaha rintisan bengkel atas nama Karang Taruna Sei Pancang.
Sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs)
 
Program Enduro Tapal Batas berkontribusi atas tercapainya SDG nomor 8, yaitu “Pekerjaan Layak” dan “Pertumbuhan Ekonomi”. Program ini juga sejalan dengan prinsip Pertamina Go Collaborative yaitu membangun ekosistem kolaboratif di ranah internal dan eksternal.
 



Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas