Ciptakan Lingkungan Masyarakat yang Nyaman dengan Program Bank Sampah Berkah

Kamis, 18 Jan 2024 | 70 views   55 likes


Pertamina Lubricants menyelenggarakan kegiatan Bank Sampah Berkah sebagai wujud kepedulian terhadap pemberdayaan masyarakat di bidang lingkungan. Program Bank Sampah Berkah merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dan bersih.
 
Sejak tahun 2018, Pertamina Lubricants konsisten mengimplementasikan program Bank Sampah Berkah melalui pelatihan, mentorship, dan pendampingan kepada masyarakat, seperti yang ada di Production Unit Jakarta (PUJ) kepada Kelurahan Tugu Selatan.
 
Bank Sampah Berkah yang ada di Kelurahan Tugu Selatan sudah memiliki 180 nasabah aktif dengan 14.325 Kepala Keluarga penerima manfaat. 
 

Aktivitas Bank Sampah Berkah

 
Pertamina Lubricants memberikan sosialisasi, media edukasi, kantung sampah, dan buku tabungan untuk mendorong masyarakat untuk ikut bergabung dan menjaga lingkungan.
 
Pertamina Lubricants juga memberikan peralatan operasional yang digunakan untuk mendukung program Bank Sampah Berkah seperti mesin pencacah plastik, timbangan sampah digital, karung goni pengangkut ampah, tong besar pemilah sampah, sarung tangan safety, hingga alat tulis.
 
Sebagai perusahaan yang mengedepankan lingkungan dalam setiap bisnisnya, Pertamina Lubricants berupaya untuk memberdayakan masyarakat yang mandiri tidak hanya di wilayah kerjanya namun di berbagai wilayah lainnya.
 

Program Pengolahan Sampah di Wilayah Operasional Pertamina Lubricants

 
Prodcution Unit Jakarta (PUJ) mengajak Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) dibawah pengawasan Bank Sampah Berkah untuk mengasah keterampilan daur ulang drum bekas Non-B3 untuk dijadikan produk jual bernilai ekonomi dan dijual di e-commerce. 
 
Production Unit Gresik (PUG) menjadikan sampah sebagai metode pembayaran kopi (Program Ngopi Bayar Pakai Sampah) dan menukarnya dengan produk oli Pertamina. Program Ngopi Bayar Pakai Sampah ini berhasil mengumpulkan 1.032 kg dan mengurangi timbunan sampah 0.082% selama setahun di TPS Kelurahan Sidokumpul.
 
Selain itu, masyarakat Gresik dapat memproduksi damar kurung (lampion khas Gresik) dari barang bekas dan dijual kembali ke masyarakat luas.
 
Production Unit Cilacap (PUC) juga menjalankan Bank Sampah Berseri (Bersih Sehat, Rapi, dan Indah) dengan program ‘Tabung Sampah’ secara rutin. Dalam mendukung program tersebut, PUC memberikan bantuan seperti 13 alat timbang, 5 unit mesin jahit, dan 100 komposter ruamh tangga, hingga branding bank sampah.
 

Sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs)

 
Program ini sejalan dengan komitmen Pertamina Go Collaborative, Go Sustainable dan berkontribusi dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 8 yakni ‘Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi’ dan nomor 17 yakni ‘Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan’.



Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas