Peresmian Balai Markisa sebagai Sentra UMKM RW 01 Sukorame

Jumat, 22 Dec 2023 | 61 views   65 likes


GRESIK - Balai Markisa di RW 01 Kelurahan Sukorame, Gresik telah diresmikan sebagai Sentra Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Pengembangan Balai ini melibatkan berbagai pihak termasuk Production Unit Gresik (PUG), kader RW 001 Kelurahan Sukorame, Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Gresik, Camat Gresik, Lurah Sukorame, DLH Kabupaten Gresik, dan Diskoperindag Kabupaten Gresik.

 

Balai Markisa, selain berfungsi sebagai pusat pemerintahan dan rapat, juga dirancang untuk menjadi pusat kegiatan masyarakat, termasuk kegiatan pembelajaran keluarga, pelatihan, dan pertukaran ilmu pengetahuan. Peresmian ini bertujuan untuk menjadikan Balai Markisa sebagai wadah sentral bagi masyarakat RW 01 Kelurahan Sukorame dalam pengembangan UMKM dan sebagai tempat berkumpul yang inspiratif.

 

Peresmian ini didukung oleh semangat pengembangan UMKM yang semakin pesat di Kota Gresik. Masyarakat terus berinovasi dan mencari cara untuk meningkatkan kemajuan UMKM, salah satunya dengan mendirikan Balai Markisa.

 

Arie Wicaksono, Tim TJSL PUG menyampaikan “Saya memberikan selamat kepada Bapak dan Ibu atas diresmikannya Balai Markisa. Semoga Balai Markisa ini menjadi tempat yang bermanfaat dan mendukung perkembangan UMKM di wilayah ini.”

 

Dalam konteks Corporate Social Responsibility (CSR), Edi Hadi Siswoyo, Asisten 2 Perekonomi an dan Pembangunan Kab. Gresik,menekankan pentingnya dukungan dari berbagai pihak dan tanggung jawab terhadap lingkungan sekitar.

 

"CSR itu untuk masyarakat sekitar yang berada di ring 1, 2, maupun 3. Kami mendukung pengelolaan data UMKM, memberikan pelatihan, alat, dan bantuan langsung. Label 'Markisa' dari Kampung Markisa harus dijaga dan dipertahankan," ucapnya.

 

Camat Gresik, Arip Wicaksono, menyoroti produk unggulan dari Kampung Markisa, yaitu minuman Markisa. "Produk ini segar, sehat, dan terbuat dari Markisa asli. Saya berterima kasih kepada Bapak Arie sebagai perwakilan dari PT Pertamina Lubricants PUG yang telah membina Kampung Markisa," ujarnya.

 

Perwakilan dari Diskoperindag, Eni, menambahkan, "Produk dari Kampung Markisa bisa dikembangkan lebih lanjut menjadi produk turunan seperti Selai Markisa, Sirup Markisa. Semoga produk-produk tersebut bisa segera diluncurkan."

 

Acara peresmian Balai Markisa sebagai Sentra UMKM di RW 01 Kelurahan Sukorame tidak hanya diwarnai oleh pemotongan pita, tetapi juga pemotongan tumpeng dan pelepasan burung ke habitatnya. Harapannya, dengan adanya sentra UMKM ini, masyarakat RW 01 Sukorame dapat lebih leluasa mengembangkan potensi UMKM mereka dengan dukungan yang optimal.

 




Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas