Pertamina Lubricants Sabet Dua Penghargaan PROPER Hijau dari KLHK

Rabu, 20 Dec 2023 | 96 views   67 likes


Pertamina Lubricants meraih dua penghargaan PROPER Hijau untuk Production Unit Gresik dan Production Unit Cilacap dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Penghargaan PROPER Hijau tersebut diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diwakili oleh Alue Dohong kepada Manager Production Unit Gresik (PUG), Setyo Nugroho dan Operation Head LOBP Production Unit Cilacap (PUC), Agoes Poernomo pada Malam Penghargaan Anugerah PROPER di Hotel Bidakara pada Rabu, 20 Desember 2023.

 

Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) merupakan evaluasi ketaatan kinerja pengelolaan lingkungan selama 1 tahun periode penilaian mulai dari bulan Juli sampai dengan Juni. Aspek penilaian ketaatan yang dievaluasi meliputi izin lingkungan, pengendalian pencemaran air, pengendalian pencemaran udara, pengelolaan Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (B3) dan Non B3 serta pengelolaan sampah. PROPER Hijau merupakan penghargaan bagi perusahaan yang mengelola lingkungan melebihi ketaatan atau beyond compliance.

 

Penilaian PROPER Hijau meliputi sistem manajemen lingkungan, Life Cycle Assessment (LCA), pemanfaatan sumber daya secara efisien, pengurangan emisi gas rumah kacal, konservasi air, penurunan beban pencemaran air limbah, perlindungan keanekaragaman hayati, tanggap kebencanaan, pengurangan Limbah B3, penerapan 3R (Reuse, Reduce & Recycle) serta pelaksanaan tanggung jawab sosial seperti pemberian bantuan (charity), capacity building dan pemberdayaan masyarakat.

 

Sejak tahun 2016, PUG secara konsisten mendapatkan penghargaan PROPER Hijau sebanyak 9 kali dan 12 kali untuk PUC. Berdasarkan data Green Program tahun 2022, PTPL berhasil melakukan penghematan sebesar 1,4 M atau setara penurunan 6,32% dari total penggunaan energi. Penghematan 230 Juta atau setara dengan penurunan 23,78% dari total penggunaan air. Penghematan 10 Juta atau setara dengan penurunan 8,89% dari total pengelolaan Limbah B3. Sebagai Perwira, kita harus berkomitmen terhadap pembangunan berkelanjutan yang selaras dengan prinsip ESG (Environmental, Social and Governance) untuk mewujudkan visi & misi PTPL menjadi champion pelumas dan specialty chemical di Asia.

 




Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas