Dukung kemandirian Nelayan di pesisir, Pertamina Lubricants Resmikan Bengkel Nelayan

Selasa, 12 Dec 2023 | 27 views   49 likes


MAKASSAR - Sales Region VII meresmikan Bengkel Nelayan Amanah Berkah bersama Koperasi Usaha Produsen Amanah Berkah di Desa Lantebung, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar pada Selasa, 12 Desember 2023.

 

Peresmian bengkel ini merupakan wujud komitmen Pertamina Lubricants dalam mendukung kemandirian bagi kelompok nelayan di wilayah Kantor Perusahaan.

 

Bengkel Nelayan Amanah Berkah merupakan hasil dari program Pertamina Sahabat Nelayan yang bertujuan untuk meningkatkan keahlian nelayan dalam hal perbaikan mesin kapal dan mendukung kemandirian ekonomi bagi kelompok nelayan melalui wirausaha perbengkelan.

 

Sebelumnya, sebanyak 15 anggota Koperasi Usaha Produsen Amanah Berkah mengikuti pelatihan perbaikan mesin kapal bersama Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Makassar.

 

“Kami sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung program Pertamina Sahabat Nelayan khususnya Koperasi Usaha Produsen Amanah Berkah yang telah menerima kehadiran kami dan berdampingan untuk mendukung kemandirian bagi para nelayan di Desa Lantebung. Kami akan terus berusaha mendampingi dan memberikan dukungan kepada nelayan di wilayah kerja kami sehingga kami dapat terus bersinergi dengan Masyarakat maupun stakeholder dalam memajukan kelompok nelayan,” ujar Indra Yudanto selaku Sales Region Manager VII Pertamina Lubricants.

 

Apresiasi program Pertamina Sahabat Nelayan turut diberikan oleh Plt. Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar Suriati, S.Pi.MM.

 

“Kami sangat berterima kasih kepada Pertamina Lubricants yang telah memberikan program pemberdayaan nelayan melalui program Pertamina Sahabat Nelayan. Harapannya program bengkel nelayan ini dapat di replikasi kepada koperasi nelayan maupun kelompok nelayan khususnya di kota Makassar. Dengan adanya program Bengkel Nelayan ini tentunya akan memberikan ruang bagi nelayan untuk dapat memiliki kompetensi yang lebih baik dibidang permesinan kapal maupun kewirausahaan,” imbuhnya.

 

Ketua Koperasi Usaha Produsen Amanah Berkah, Bakhtiar juga menuturkan, “Salah satu rencana awal program kerja Koperasi Usaha Produsen Amanah Berkah adalah mendirikan bengkel nelayan untuk mempermudah akses perbaikan mesin kapal nelayan sehingga nelayan di Desa Lantebung tidak perlu lagi membawa mesin kapalnya ke kota untuk perbaikan bila ada kerusakan. Selain itu, adanya pusat pengolahan daging kepiting yang sudah berdiri sejak tahun 2007 membuat intensitas melaut bagi para nelayan cukup tinggi dan mengharuskan pengecekan berkala untuk mesin kapalnya. Sehingga hadirnya program Pertamina Sahabat Nelayan ini menjadi fasilitas yang sejalan dengan program kerja dari Koperasi ini.”

 

Acara ditutup dengan pemotongan pita sebagai simbol peresmian Bengkel Nelayan Amanah Berkah serta pemberian modal kerja usaha awal bengkel nelayan berupa bantuan toolkit, paket pelumas dan branding bengkel untuk bengkel nelayan dapat beroperasi dan menjadi sentra perbaikan maupun penjualan pelumas khususnya untuk mesin kapal di sekitar Desa Lantebung, Kota Makassar.

 

Dengan adanya Bengkel Nelayan Amanah Berkah ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kelompok nelayan di Desa Lantebung, Kota Makassar seperti, antara lain: Meningkatkan kompetensi nelayan dalam hal perbaikan mesin kapal, meningkatkan kemandirian ekonomi bagi kelompok nelayan melalui wirausaha perbengkelan, memudahkan akses perbaikan mesin kapal nelayan, meningkatkan produktivitas nelayan, meningkatkan kesejahteraan nelayan.

 




Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas