Enduro Skill Contest Digelar, Ajang Unjuk Prestasi SMK di bidang Entrepreneurship dan Mekanik

Kamis, 23 Nov 2023 | 25 views   50 likes


CILACAP - Production Unit Cilacap (PUC) bersama Sales Region (SR) IV Semarang menyelenggarakan Enduro Skill Contest, ajang unjuk prestasi SMK Binaan dalam praktek entrepreneurship dan skill mekanik pada 23 November 2023. Melalui kompetisi tersebut, siswa bersaing untuk memperoleh predikat Duta Entrepreneur dan Mekanik Terbaik Dalam periode tahun ini, Duta Entrepreneur telah diraih oleh SMK Harapan Mulya Kendal dan Mekanik Terbaik disabet oleh SMK Futuhiyyah Demak.

 

Bertempat di SMK N 2 Cilacap sebagai tuan rumah, acara Enduro Skill Contest dihadiri total 40 peserta dari 10 SMK Binaan PT. Pertamina Lubricants. Sebelumnya, seluruh peserta diajak untuk mengikuti Kunjungan Industri di PUC untuk mengetahui langsung industri, teknologi, dan bagaimana pelumas Pertamina diproduksi.

 

Senior CSR Officer Pertamina Lubricants, M Subhan Amrullah mengungkapkan bahwa sejak tahun 2019, perusahaan berkomitmen mendorong pendidikan entrepreneurship di SMK dengan memberikan bantuan pembinaan bengkel sekolah serta praktek lapangan berupa program Enduro Home Service. "Dengan misi membuktikan hasil pembelajaran mekanik dan entrepreneurship, seluruh SMK Binaan mengikuti challenge Enduro Skill Contest," jelasnya.

 

Sr Sales Executive Retail DIY, Rendy Wibowo Nugraha, memberikan kesan atas antusiasme peserta. "Penilaian Duta Entrepreneur dimulai dari partisipasi sekolah dalam direct selling yang diselenggarakan sepekan, berlanjut siswa mempresentasikan hasilnya dan dinilai dari sisi strategi dan penyajian materi. Kami melihat banyak potensi dan bakat yang muncul dari ajang ini," tuturnya.

 

Adapun dalam penilaian Mekanik Terbaik para siswa ditantang melaksanakan tugas atau "trouble shooting" dengan batas waktu yang ditentukan.

 

Rangkaian kegiatan ini dihadiri oleh Albert Yuga Direktur Utama Distributor PT. Gelora Putra Perkasa, Sales Executive Industry Jateng-DIY Alif Bargayu, Kepala Sekolah SMK N 2 Cilacap, Parwoto, S.Pd, M.Pd, serta tim penilai Nandang Bekti Karnowati, Dosen Fakultas Ekonomi STIE Muhammadiyah, serta Sumpena, ST. M.Eng, Dosen Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta.

 

Subhan menambahkan, Pertamina Lubricants akan terus melanjutkan pendampingan SMK di Indonesia dalam peningkatan keterampilan entrepreneurship dan skill mekanik. Saat ini sudah terdapat 25 sekolah dan usaha bengkel yang dikembangkan, serta ribuan siswa menerima pelatihan.

 

"Harapan kami bisa meningkatkan jumlah sekolah yang dibina, dan menjadi bagian dalam kemajuan pendidikan vokasi di tanah air," tutup Subhan.

 




Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas