Kembangkan Potensi Penyandang Disabilitas Melalui Program Enduro Sahabat Difabel

Jumat, 22 Dec 2023 | 85 views   56 likes


Dalam melaksanakan program Creating Shared Value (CSV) dan menciptakan entrepreneur di bidang perbengkelan, Pertamina Lubricants menjalankan program Enduro Sahabat Difabel yang menargetkan difabel yang memiliki minat dan kegemaran dalam bidang otomotif.
 
Enduro Sahabat Difabel menjadi bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina Lubricants yang sejalan dengan Pasal 1 Ayat 7 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang pemberdayaan penyandang disabilitas dengan upaya untuk menguatkan keberadaan penyandang disabilitas dalam bentuk penumbuhan iklim dan pengembangan potensi sehingga mampu tumbuh dan berkembang menjadi individu atau kelompok penyandang disabilitas yang tangguh dan mandiri.
 
Program ini diinisiasi sejak tahun 2020, Pertamina Lubricants telah memberikan bantuan kepada komunitas otomotif difabel yang ada di Semarang dan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lalu apa saja kegiatan-kegiatan yang ada di program Enduro Sahabat Difabel ini?
 

Kegiatan Enduro Sahabat Difabel

Pertamina Lubricants melalui Enduro Sahabat Difabel, melaksanakan pelatihan keterampilan otomotif dasar dan memberikan bantuan berupa modal bisnis untuk para difabel. Permodalan bisnis bengkel yang didapatkan, antara lain: rak display, toolkit, dan paket pelumas. 
 
Adapun pelatihan yang dilakukan melalui program ini, seperti: sharing product knowledge seputar pelumas Pertamina Enduro, pelatihan servis motor ringan, teori dan praktek penggantian oli, pengecekan filter udara, karburator, pengecekan sistem rem, dan rantai kendaraan.
 

Perkembangan Enduro Sahabat Difabel

Pada tahun 2022, Enduro Sahabat Difabel menambahkan beberapa aktivitas dalam programnya. Para peserta mendapatkan pendampingan dan pengembangan bengkel dengan beberapa kegiatan upskilling, seperti pengelasan, pembukuan, digital marketing, dan branding bengkel.
 
Melalui program ini, Pertamina Lubricants senantiasa dapat mencetak wirausaha bengkel tangguh dan mandiri serta mampu mendukung pemerintah dalam memberikan lingkungan yang nyaman bagi penyandang disabilitas. Hal ini untuk terus memberikan kesempatan, kesetaraan, dan akses untuk disabilitas.



Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas