Pemberdayaan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) melalui Enduro Sahabat Lapas

Jumat, 22 Dec 2023 | 105 views   57 likes


Pertamina Lubricants, melalui nilai-nilai Creating Shared Value (CSV), terus berupaya menjalankan berbagai program yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat yang mendorong kemandirian dan meningkatkan daya saing di industri.
 
Enduro Sahabat Lapas (ESL), salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan memberikan keterampilan mekanik dan perintisan bengkel di Lembaga Permasyarakatan (Lapas). 
 
Program ini menjadi bentuk kontribusi nyata dalam meningkatkan kemampuan ekonomi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk dapat mandiri dan siap kembali terjun di masyarakat. Lantas bagaimana proses Enduro Sahabat Lapas berlangsung?
 

Dibina oleh Balai Latihan Kerja (BLK) 

 
Enduro Sahabat Lapas bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) di wilayah setempat untuk melaksanakan pelatihan perbengkelan kendaraan roda dua. Balai Latihan Kerja (BLK) melakukan monitor perkembangan selama program ini berlangsung di lapas yang telah bekerja sama dengan Pertamina Lubricants.
 
Sementara itu, disediakan pula fasilitas bengkel Enduro Express di kompleks lapas, yang bisa diakses masyarakat umum untuk perbaikan kendaraan. 
 
Para peserta mengikuti program Enduro Sahabat Lapas selama kurang lebih satu bulan yang aman mendapatkan materi pelatihan teknik sepeda motor, pemberian product knowledge pelumas dan pelumasan, pelatihan kewirausahaan, kemudian kegitatan ditutup dengan pemberian modal kerja berupa toolkit, paket pelumas dan pembangunan Bengkel Enduro Express.
 
Dengan adanya pelatihan otomotif roda dua di Enduro Sahabat Lapas, warga binaan memiliki skill dan bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat.

 

Upaya Mencapai Sustainable Development Goals (SDGs)

 
Pertamina Lubricants melaksanakan program Enduro Sahabat Lapas ini sejalan dengan komitmen ESG (Economic, Social, & Governance), Pertamina Go Sustainable,  dan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 1, 8, dan 17 yakni Menghapus Kemiskinan, Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, dan Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.



Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas