Gandeng Akademisi, Production Unit Cilacap Gelar Pelatihan Pemasaran Produk Lingkungan

Kamis, 23 Nov 2023 | 140 views   55 likes


Cilacap - Production Unit Cilacap menggelar pelatihan bertema pemasaran produk lingkungan dihadiri oleh seluruh pegiat ProKlim (Program Kampung Iklim) RW 5 Tambakreja Cilacap. Kegiatan ini menggandeng akademisi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Cilacap, Nandang Bekti Karnowati, SE.MM. Melalui pengalamannya, para peserta menerima pemateri perencanaan pemasaran yang akan segera dipraktekkan.
 
Manager Production Unit Cilacap I Gede Dharma Susila mengungkapkan bahwa wilayah binaan mengalami tantangan di bidang pemasaran produk. Hal ini dikarenakan para pengurus belum mengetahui kiat-kiat dalam perencanaan yang baik.
 
"Banyak yang kami harapkan dengan adanya kerjasama dengan akademisi sekaligus praktisi, yang akan memberikan masukan, mengoreksi, dan mengevaluasi produk yang sudah dibuat oleh masyarakat. Terlebih adanya kerjasama bimbingan berkelanjutan," ungkapnya.
 
Nandang Bekti Karnowati, SE. MM, pengajar perguruan tinggi serta Sekretaris Perbanusa (Perkumpulan Pengelola Bank Sampah Nusantara) Cilacap memberikan penilaian atas program yang dilaksanakan RW 5 Tambakreja.
 
"Produk yang sudah ada mulai dari pupuk organik cair dan padat, media tanam, bibit sayur dan TOGA di Kampung Iklim ini perlu dimaksimalkan branding yang tepat. Hari ini merupakan pelatihan lanjutan dari dua bulan sebelumnya berupa evaluasi branding dan perencanaan pemasaran," tutur Nandang.
 
Feri Sugiharto, Ketua ProKlim RW 5 Tambakreja menyatakan kesannya dalam kegiatan ini. "Pelatihan ini sangat baik bagi kami karena menemukan pemahaman baru. Adanya pendamping kami dapat mengurangi kekeliruan dalam menjalankan praktek pemasaran produk lingkungan," imbuhnya.
 
Production Unit Cilacap mendampingi ProKlim RW 5 Tambakreja sejak 2019 dan mengantarkan wilayah binaan menerima Apresiasi ProKlim Kategori Utama dari KLHK. Selain itu di tahun ini, binaan mendapat hibah dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Tengah berupa sarpras Bank Sampah untuk meningkatkan kegiatan di lingkungan. Ke depan, binaan berupaya terus mengoptimalkan kegiatan lingkungan yang memberikan dampak ekonomi agar dapat memberikan manfaat lebih luas bagi masyarakat.



Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas