Pertamina Lubricants Sales Region I Menyelenggarakan Pelatihan Product Knowledge dan Lomba Kewirausahaan

Senin, 13 Nov 2023 | 70 views   52 likes


Padang – Pertamina Lubricants menggelar pelatihan product knowledge Pelumas Pertamina dan Lomba Kewirausahaan kepada 20 siswa SMK Muhammadiyah I Padang Program Enduro Home Services pada Senin, 13 November 2023. Dalam paparan materi pengenalan produk, Sales Area Supervisor Retail Sumatera Barat Region I Muharisman memberikan informasi mengenai berbagai produk pelumas Pertamina dan masing-masing peruntukan produk sesuai dengan spesifikasi kendaraan. Kemudian, Ia juga mengedukasi para siswa mengenai cara pembedaan produk pelumas asli dan palsu serta pentingnya untuk selalu menggunakan produk asli pelumas Pertamina.
 
“Pelumas Pertamina tersedia di outlet-outlet yang disuplai oleh distributor resmi Pertamina. Selain itu, pastinya dapat dibeli di outlet resmi seperti Olimart, bengkel Enduro Express seperti bengkel di sekolah SMK ini dan tentunya di SPBU Pertamina,” tuturnya.
 
Materi berikutnya adalah strategi kewirausahaan yang dibawakan oleh Nanda Satya Anindra selaku Sales Area Manager (SAM) Retail Sumatera Barat, Riau dan Kep. Riau Sales Region I. Dalam paparannya, siswa diperkenalkan tentang pentingnya sektor kewirausahaan, faktor-faktor pendukung suksesnya berwirausaha, serta hal-hal yang menghambat kewirausahaan.
 
“Agar suatu negara bisa menjadi negara maju, diperlukan 2% jumlah dari total populasi di negara tersebut untuk berprofesi sebagai wirausahawan. Tidak hanya untuk bisnis sendiri, berwirausaha juga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain,” lanjutnya.
 
Agusnardi, A.Ma.Pd selaku perwakilan Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah I Padang menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pertamina Lubricants atas pelatihan dan dukungan yang selama ini telah berjalan dan dapat memberikan manfaat langsung bagi siswa.
 
“Kami berterima kasih kepada Pertamina Lubricants selaku mitra kami yang selalu mendukung kegiatan di SMK Muhammadiyah I Padang. Semoga pelatihan hari ini dapat menambah wawasan siswa kami dengan baik untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka,” ucapnya.
 
EHS merupakan program kerja sama yang melibatkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memiliki jurusan otomotif/ Bengkel Motor di Indonesia. Dalam kerja samanya ada berbagai pelatihan yang diberikan yakni pelatihan product knowledge tentang Pelumas dan sistem pelumasan, sales technique, manajemen pemasaran, dan pelatihan kewirausahaan (entrepreneurship). Program ini juga bertujuan untuk membantu Bengkel Teaching Factory (TEFA) di berbagai SMK di Indonesia yang sempat terdampak pandemi COVID-19, dengan menyediakan dan memfasilitasi sekolah untuk melakukan home services di rumah-rumah penduduk sekitar, serta memberikan berbagai pelatihan untuk menunjang kemampuan siswa.
 
Acara terakhir dilanjutkan dengan presentasi hasil lomba kewirausahaan. Para siswa yang telah dibagi dalam kelompok mempresentasikan hasil penjualan oli yang telah mereka lakukan selama 5 hari sejak tanggal 8 November – 12 November 2023. Para peserta menyampaikan bagaimana pengalaman mereka saat melakukan praktek kewirausahaan, kendala yang mereka alami, dan jumlah oli yang berhasil mereka jual. Lomba dimenangkan oleh kelompok 4 dari Kelas Teknik dan Bisnis Sepeda Motor.



Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas