Selebrasi Jumat Berkah: Kelurahan Sukorame Mitra Binaan Meraih Trophy Proklim Utama

Jumat, 03 Nov 2023 | 37 views   56 likes


Gresik – Salah satu Mitra Binaan Production Unit Gresik yakni Kelurahan Sukorame Gresik kembali meraih penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia dengan Kategori Trophy Utama.
 
Penghargaan ini terus didapatkan sejak tahun 2022 – 2023. Sebagai rasa syukur dari keberhasilan ini, Kelurahan Sukorame yang berlokasi di RW 01 dan RW 02, menyelenggarakan Jumat berkah pada 3 November 2023 dengan berbagi produk unggulan kepada masyarakat yang membutuhkan di Kecamatan Gresik.
 
Kegiatan tersebut dihadiri oleh Manager Production Unit Gresik Setyo Nugroho, Camat Gresik Arip Wicaksono, Lurah Sukorame Rizal Ghithrif, Kader Lingkungan RW 01 Sukorame, dan Kader Lingkungan RW 02 Sukorame.
 
Dalam kegiatan ini, masyarakat Sukorame membagikan 100 botol minuman markisa dan nasi bungkus kepada masyarakat yang membutuhkan serta membagikan 3 Rak Curhhaat dari RW 02 Sukorame kepada Pertamina Lubricants, Kantor Kecamatan Gresik, dan Kelurahan Sukorame.
 
Rak Curhhaat sendiri merupakan kepanjangan dari, Cuci Tangan (Sebelum/sesudah beraktivitas), Ubah Sampah Plastikmu (menjadi ecobrick), Rawat Limbah Dapurmu (Menjadikan komposter), Hanguskan Rokokmu (Matikan rokok Ketika masuk rumah), Hijaukan Lingkunganmu (Menanam di tempat yang kosong), Antar Minyak Limbah Gorengmu, dan Ambil Tasmu untuk berbelanja (Kurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai). Hal ini memiliki tujuan untuk mengedukasi dan memperkenalkan kepada masyarakat mengenai inovasi – inovasi lingkungan dari Kelurahan Sukorame.
 
Camat Gresik Arip Wicaksono menyampaikan, “Inovasi lingkungan dan keberhasilan ini perlu kita gaungkan, mengingat hal ini bisa memicu masyarakat Gresik lainnya untuk untuk belajar dan meniru keberhasilan masyarakat Sukorame. Yang di mana pada Tahun 2023 ini ada 11 kampung yang maju ke Proklim di Kecamatan Gresik, tetapi hanya RW 02 Sukorame yang mampu meraih Proklim Trophy Utama disini.”
 
Lurah Sukorame Rizal Ghithrif menambahkan, “Tentunya dalam keberhasilan ini tidak lepas dari peran Pertamina Lubricants dalam melakukan pendampingan dan pembinaan, semoga Pertamina Lubricants tidak bosan – bosannya membimbing kami dalam pengelolaan lingkungan.”
 
Ditutup oleh Manager Production Unit Gresik Setyo Nugroho yang menyampaikan harapannya, “Kami berharap warga bisa memegang komitmen dalam menjaga lingkungan ini secara berkelanjutan, dan terus mengembangkan inovasi – inovasi lingkungannya.”
 
Dengan ini, penghargaan ini didapat dari inovasi – inovasi masyarakat di Bidang Lingkungan, seperti inovasi pengelolaan Tanaman Markisa dari hulu ke hilir dan inovasi Rak Curhhaat yang merupakan inovasi dalam pengelolaan sampah di masyarakat.
 
Program ini sejalan dengan komitmen ESG (Economic, Social & Governance) Pertamina Go Sustainable dan SDGs (Sustainable & Development Goals) poin 1 yaitu Menghapus Kemiskinan dan poin 8 yaitu Pekerjaan Layak.



Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas