Sampai Gelar Juara, Pertamina Fastron Dukung Generasi Emas dalam Ajang KMHE 2023

Jumat, 03 Nov 2023 | 32 views   42 likes


JAKARTA - Pertamina Fastron mendukung generasi muda dalam Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) 2023 dengan menjadi sponsor dua tim yakni Tim Semar UGM dan Tim Nogogeni ITS. Hal ini merupakan dukungan dalam mencapai tujuan masa depan yang berkelanjutan dengan mengambil tindakan “Dunia Bebas Polusi” dalam bentuk bantuan riset dan pengembangan kendaraan hemat energi kreasi tim yang berkompetisi di KMHE 2023. Dalam hal ini, Pertamina Fastron memberikan dukungan berupa pendanaan, pelumas, bantuan publikasi, dan kolaborasi riset.

 

KMHE 2023 merupakan ajang kompetisi mobil hemat energi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Kemdikbud Ristek di Sirkuit Carnaval Ancol pada 28 Oktober - 3 November 2023. Kompetisi ini menghadirkan dua kategori besar yaitu Prototype (kendaraan masa depan dengan desain khusus yang memaksimalkan efisiensi) dan Urban Concept. Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 60 tim dan 600 mahasiswa dari 24 Universitas di seluruh Indonesia.

 

Dalam kesempatan ini, Pertamina Fastron mensponsori Tim Semar UGM dengan memberikan pelumas yang digunakan dalam kompetisi. Tim Semar UGM berhasil meraih Juara 1 Proto Battery-Electric dan Juara 2 Urban Gasoline yang merupakan rekor capaian Semar UGM. Keberhasilan ini menunjukkan komitmen Semar UGM untuk selalu mendorong komunitas-komunitas mahasiswa dalam mencapai masa depan bebas emisi.

 

Tujuan lainnya yaitu untuk meningkatkan kesadaran mengenai Kendaraan Hemat Energi dan memanfaatkan riset tim Semar UGM untuk melakukan riset produk pelumas Pertamina Fastron, yang kemudian membantu Urban Gasoline, Tim Semar UGM berhasil membawa kategori emas dalam inovasi yang berkelanjutan.

 

Kerja sama ini terwujud melalui riset terstruktur dengan kolaborasi antara Tim Semar UGM dan Pertamina Fastron, akses sumber daya, publikasi bersama, dan penelitian teknis terkait kualitas Oli Fastron 0W-20. Melalui kerjasama ini, Pertamina Fastron juga menunjukkan kepeduliannya terhadap dunia pendidikan dengan mendukung pengembangan karya anak bangsa melalui riset dan pengembangan dalam bidang energi.

 

Sama dengan hal sebelumnya, Pertamina Fastron juga mendukung Tim Nogogeni ITS dalam meraih juara Kategori Urban Concept dan Kategori Motor Pembakaran Dalam Etanol.

 

Pada kategori ini, kompetisi ini menuntut tim untuk membuat mobil yang efisien dengan penggunaan bahan bakar hemat energi.

 

Pencapaian tersebut tidak lepas dari adanya dukungan dan sponsor dari Pertamina Fastron. Pertamina Fastron turut mendukung dan mengembangkan riset inovasi mahasiswa dalam bidang kendaraan Mobil Hemat Energi dengan Program "Nogogeni Development Project".

 

Dukungan lainnya yaitu dalam bentuk wawasan dan edukasi mengenai produk pelumas dalam kegiatan Company Visit di Lubricants Technology Center (LTC).

 

Dari adanya kegiatan ini, Pertamina Fastron juga menunjukkan semangatnya dalam mendukung dunia pendidikan melalui pengembangan karya anak bangsa serta mendukung realisasi Program Pemerintah "Net Zero Emission".

 

Melalui dukungan dan motivasi dari Pertamina Fastron diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi komunitas dan generasi emas lainnya untuk terus mengembangkan inovasi yang membawa nama baik Indonesia.

 

Energi yang bersih dan terjangkau memerlukan inovasi yang dapat mencegah dan memperbaiki kondisi lingkungan dengan beralih penggunaan kendaraan berbahan bakar fosil dan bahkan menuju kendaraan Electric Vehicle.

 

Kegiatan ini sejalan dengan komitmen ESG (Economic, Social & Governance) Pertamina Go Sustainable dan pencapaian Sustainable & Development Goals (SDGs) poin 7 yakni Energi Bersih dan Terjangkau: Menjamin akses energi yang terjangkau, andal, berkelanjutan, dan modern.




Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas