WBP Lebih Produktif Untuk Masa Depan Lebih Positif Bersama Pertamina Lubricants

Rabu, 18 Oct 2023 | 57 views   55 likes


Palembang - Sales Region II kembali menjalankan program Enduro Sahabat Lapas (ESL) bersama Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas I Palembang, Sumatera Selatan. Peresmian program ESL ini ditandai dengan adanya penandatanganan perjanjian kerjasama antara PTPL dan Lapas Kelas II, bertempat di Aula Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Palembang pada 18 Oktober 2023.
 
Penandatanganan ini diwakili oleh Sales Sr, Sales Retail Sumbagsel Babel Abizar Al Ghifar dan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Palembang yang diwakili oleh Kepala Bidang Kegiatan Kerja Lapas Tutut Prasetyo. Turut hadir dalam acara peresmian ini Kepala UPTD (Unit Pelaksana Tugas Dinas) BLKPPKT (Balai Latihan Kerja Pengembangan Produktivitas dan Keterampilan Transmigrasi) Provinsi Sumatera Selatan Erman Rasul dan 20 orang perwakilan WBP Lapas Kelas I Palembang.
 
ESL merupakan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang berfokus kepada peningkatan kapabilitas Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dalam hal keterampilan dan keahlian praktis di bidang kewirausahaan perbengkelan. Program ini memiliki tujuan untuk memberikan ilmu dan keterampilan untuk bekal kemandirian setelah bebas dari Lapas.
 
Senior Sales Executive Retail Sumbagsel Babel Abizar Al Ghifari menjelaskan bahwa program ini merupakan bentuk pemberdayaan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) melalui pemberian pelatihan mekanik, serta pemberian bantuan modal dan sarana pelayanan bengkel melalui fasilitas pembinaan bimbingan kerja di Lapas.
 
“Melalui program ini, harapannya WBP nantinya dapat mandiri secara ekonomi dan dapat kembali hidup berdampingan dengan masyarakat pasca masa pembinaan usai dan tidak mengulang kesalahan yang sama. Program ini juga dirancang secara berkelanjutan, sehingga kedepannya WBP yang telah berkomitmen dan mengikuti program pelatihan otomotif ini bisa diberikan bantuan permodalan perbengkelan secara mandiri.”
 
Dalam sambutannya Kepala Lapas Kelas I Palembang yang diwakilkan oleh Kepala Bidang Kegiatan Kerja Tutut Prasetyo menggarisbawahi pentingnya sinergi dalam mencapai tujuan yang mulia. "Perjanjian kerja sama ini tidak sekadar sebagai tanda tangan di atas kertas tetapi sebagai janji untuk membawa perubahan positif dalam hidup warga binaan untuk mendukung keterampilan yang mendukung reintegrasi mereka ke dalam masyarakat," Imbuhnya.
 
Program pelatihan teknik sepeda motor bagi WBP Lapas Kelas I Palembang ini akan dilaksanakan selama 14 hari hingga 3 November 2023 kedepan dan berlokasi di Bimbingan Kerja Lapas Kelas I Palembang yang diikuti oleh 20 orang peserta perwakilan Warga Binaan Pemasyarakatan dan diadakan secara kolaboratif dengan UPTD BLKPPKT Provinsi Sumatera Selatan.
 
Program ini sejalan dengan komitmen ESG (Economic, Social & Governance) Pertamina Go Sustainable dan pencapaian Sustainable & Development Goals (SDGs) poin 1 yakni menghapus kemiskinan dan poin 8 yakni pekerjaan layak.



Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas