Enduro Skill Contest, Kompetisi Duta Entrepreneur dan Mekanik Andal di SMK binaan Pertamina Lubricants

Selasa, 10 Oct 2023 | 55 views   78 likes


Yogyakarta - Sales Region VI dan Production Unit Cilacap (PUC) bersinergi untuk menghadirkan Program Enduro Skill Contest, yakni kompetisi untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam program CSR Enduro Home Service (EHS) di wilayah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta.
 
Sebagai upaya untuk penguatan kurikulum merdeka, Enduro Skill Contest merupakan kompetisi sebagai wadah pembuktian skill siswa dalam implementasi pendidikan kewirausahaan antar SMK dengan dua output lomba yaitu "Duta Entrepreneur" dan "Mekanik Terbaik" dari 10 SMK binaan.
 
Duta Entrepreneur sendiri merupakan ajang pencarian siswa terbaik di Jurusan Otomotif atau Teknik bisnis sepeda motor SMK program EHS dengan mempresentasikan ide/kreativitas dari strategi pemasaran (direct selling) tersebut dilengkapi dokumen pendukung penjualan berupa nota dan data customer, dan juga membuat video sebagai pelengkap presentasi serta diunggah sosial media. Setelah itu dalam aspek penilaian terdiri dari jumlah penjualan, kreativitas strategi penjualan, hasil presentasi.
 
Disisi lain, Mekanik Terbaik merupakan tes yang berbentuk Trouble Shooting Test yang diwakili satu orang siswa setiap SMK dan penilaiannya didasarkan kepada tahapan pengecekan, penggunaan alat, kecepatan, dan kebersihan. Perlombaan ini pun juga diberikan penilaian oleh para ahli di bidangnya antara lain Dosen Teknik Mesin Universitas Proklamasi 45 yogyakarta Sumpena, ST., M.Eng. dan DosenPemasaran STIE Muhammadiyah Cilacap Nandang Bekti Karnowati, MM.
 
Sebagai kick-off kompetisi ini, tim CSR SR I dan PUC mengadakan sosialisasi online kepada seluruh SMK pada 10 Oktober 2023. Turut hadir Sales Region IV Rendy Wibowo Nugraha dan 10 perwakilan SMK binaan EHS antara lain SMK N 2 Cilacap, SMK Harapan Mulya Kendal, SMK Tamtama 2 Sidareja Cilacap, SMK N 3 Semarang, SMK YPE Cilacap, SMK N 10 Semarang, SMK Al Munawwaroh Cilacap, SMK Futuhiyyah Demak, SMK N Nusawungu Cilacap, SMK Muhammadiyah 1 Moyudan Yogyakarta.
 
Dalam kesempatan ini Rendy Wibowo Nugraha menyampaikan, "Enduro Skill Contest pertama kalinya akan dilaksanakan di wilayah Jawa Tengah dan DIY. Kami akan memberikan challenge kemampuan mekanik, sales & marketing, serta mental kepercayaan diri siswa peserta melalui tahapan kompetisi yang akan diberikan. Dengan kegiatan ini harapannya sebagai bekal untuk memperkuat karakter entrepreneurship siswa," ujarnya.
 
PTPL berkomitmen akan terus melanjutkan program pendidikan terbaik bagi generasi penerus bangsa di SR IV dan juga di wilayah lainnya di seluruh Indonesia dan melahirkan bengkel-bengkel mandiri serta mampu meneruskan semangat belajar dan kewirausahaan muda-mudi Indonesia dalam bidang otomotif.



Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas