Pertamina Lubricants Gandeng Eks. Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Untuk Wirausaha Bengkel

Kamis, 12 Oct 2023 | 37 views   66 likes


Balikpapan - Sales Region VI kembali meluncurkan program Enduro Sahabat Lapas menggandeng Eks. Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas II A Balikpapan untuk berwirausaha Bengkel di Milenial Motor Bengkel (Kalimantan Timur) pada 12 Oktober 2023.
 
Program Enduro Sahabat Lapas ini merupakan bentuk komitmen Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Pertamina Lubricants bersinergi dengan PT Pertamina Depot Pengisian Pesawat (DPPU) Sepinggan, Bapas dan Lapas Balikpapan untuk mendukung kemandirian usaha bagi mantan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Kerja sama ini sudah berlangsung sejak 2020, Turut hadir dalam peresmian ini Sales Region Manager VI Anang Yoyong Prayogo dan staff, Kasubsie Bimbingan Kerja LAPAS Kelas II A Balikpapan Setyo Djatiatmoko dan staff, Kepala Desa Sangkuriman Juhri Hamdani, Ketua RT 007 Desa Sangkuriman Tokoh Masyarakat Ust. H. Mansur, Penerima manfaat Fendy Susilo, Perwakilan NGO Care ID, serta 30 orang Warga RT 007, Desa Sangkuriman. Program ini merupakan bentuk pemberdayaan kepada mantan Warga Binaan melalui pemberian modal usaha bengkel berupa pemberian bantuan toolkit, sparepart, pelumas, branding bengkel, serta pendampingan usaha yang berkelanjutan.
 
SR VI turut serta dalam memberdayakan Andikpas di Lapas Kelas IIA Balikpapan melalui usaha Bengkel Enduro Express Milenial Motor yang berada di dalam lingkungan Lapas. Fendy merupakan salah satu peserta program yang telah mengikuti kegiatan di Lapas sejak tahun 2020 dari tekad dan kemauan belajar yang tinggi dalam diri Fendy, mampu mengembangkan bengkel dan bisnisnya secara mandiri setelah resmi bebas dari Lapas.
 
"Dengan adanya program ini, harapannya Fendy dapat mandiri dan dapat kembali hidup berdampingan dengan masyarakat sekitar pasca masa pembinaan usai. Juga dapat menjadi inspirasi bagi mantan WBP lain agar terus produktif untuk mencapai kesejahteraan dan kemandirian ekonomi," Ujar Anang.
 
Program pemberdayaan bagi Eks. Warga Binaan ini sangat diapresiasi oleh pihak Lapas. Setyo Djatiatmoko, selaku Kasubsie Bimbingan Kerja Lapas Kelas II A Balikpapan. “Program yang sangat bagus guna mendukung kami dalam memberdayakan eks. Warga Binaan sehingga dapat memberikan kehidupan yang lebih baik,” ungkapnya.
 
Dalam kesempatan ini juga, pihak Lapas Kelas II A Balikpapan meminta dukungan kepada masyarakat Desa Sangkuriman untuk dapat menerima Fendy dan rekan-rekan eks. WBP kembali di dalam lingkungan sekitar dan melariskan usaha bengkel.
 
Sejalan dengan hal itu, Agus Sutejo selaku Pembimbing Kemasyarakatan Ahli Muda Bapas Kelas II Balikpapan menuturkan, “Kami sudah bekerjasama dengan Pertamina Lubricants sejak tahun 2020. Sudah ada 3 (tiga) bengkel milik Eks. Warga Binaan yang dibina. Semoga banyak cakupan sasaran penerima manfaat yang diperoleh,” Imbuhnya.
 
Pembangunan Bengkel Milenial Motor di Desa Sangkuriman ini merupakan hal yang tepat, jika melihat potensi yang ada. Juhri Hamdani, selaku Kepala Desa Sangkuriman mengungkapkan, “Sepanjang jalan Desa ini belum ada bengkel, ini merupakan peluang yang sangat baik untuk Fendy agar dapat mengembangkan usahanya. Semoga ini jadi awal yang baik bagi Fendy. Terimakasih untuk Pertamina Lubricants yang telah mendukung warga kami.”
 
Untuk menarik perhatian warga sekitar, Bengkel Milenial Motor mengadakan promo diskon ganti oli sebanyak 25℅ yang dilaksanakan selama 2 minggu semenjak bengkel diresmikan.
 
Program ini sejalan dengan komitmen ESG (Economic, Social & Governance) Pertamina Go Sustainable dan pencapaian Sustainable & Development Goals (SDGs) poin 1 yakni menghapus kemiskinan, poin 8 yakni Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi dan nomor 17 yakni kemitraan untuk mencapai tujuan.

 




Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas