Bengkel KITA Motor SMK Semen Gresik: Teaching Factory Program Enduro Home Service

Jumat, 20 Oct 2023 | 63 views   77 likes


Gresik - Pertamina Lubricants secara konsisten membangun generasi muda yang terampil dan mampu berdaya saing tinggi. Salah satunya dengan terus menjalankan program Enduro Home Service (EHS) yang mendorong penerapan link & match industri vokasi dan kemampuan wirausaha bengkel sejak dini. Hal ini dibuktikan dengan peluncuran program EHS di SMK Semen Gresik oleh Production Unit Gresik (PUG) pada Jumat, 20 Oktober 2023.
 
Peresmian program ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) dan Piagam Kerja sama antara Manager PUG Setyo Nugroho dengan Kepala Sekolah SMK Semen Gresik Drs. Setiyo Budi. Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi program kepada guru-guru jurusan otomotif dan kewirausahaan perihal teknis pelaksanaan program, serta serah terima bantuan peralatan bengkel dan safety wearpack untuk mendukung praktek wirausaha perbengkelan siswa.
 
Acara dihadiri juga oleh tim CSR Semen gresik Mukhtar Efendi, Semen Indonesia Foundation, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Wilayah Kab. Gresik Dr Kiswanto S.Pd M.Pd, Kepala Sekolah SMK Semen Gresik Drs. Setiyo Budi, Camat Kebomas Moch Yusuf, dan Lurah Sidomoro Nur Ma’Arif.
 
Peresmian dimeriahkan dengan pertunjukan Tarian Damar Kurung oleh siswi SMK Semen Gresik, menyanyi bersama Lagu Indonesia Raya, dan Mars SMK Semen Gresik dan sambutan kedua belah pihak.
 
Setyo Nugroho menuturkan, “EHS merupakan program Creating Shared Value dari Pertamina Lubricants yang diselenggarakan secara nasional dan memiliki tujuan untuk meningkatkan skill kewirausahaan siswa dan mendukung unit bisnis sekolah sebagai teaching factory.”
 
Acara kemudian dilanjutkan dengan peresmian bengkel sekolah yakni Bengkel KITA (Kreatif, Inovatif, Terampil, dan Andal) Motor yang akan menjadi medium belajar dan praktik bisnis bengkel secara nyata untuk para siswa. Diharapkan dengan adanya bengkel ini, konsep SMK sebagai teaching factory akan dapat diimplementasikan. Teaching Factory sendiri merupakan model pembelajaran berbasis produk (barang/jasa) melalui sinergi sekolah dengan industri untuk menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai dengan kebutuhan industri.
 
Selain bengkel ini, seluruh siswa peserta program akan mendapatkan pelatihan bengkel mandiri dengan berbagai materi seperti kewirausahaan, product knowledge, dan Bengkel Wawasan Lingkungan. Setyo Nugroho menegaskan bahwa program ini mendukung nilai-nilai BUMN yakni AKHLAK. “Program EHS merupakan salah satu penerapan budaya kerja di Pertamina Lubricants dimana terdapat nilai budaya yaitu Kompeten yakni peningkatan kompetensi siswa dalam pengembangan diri melalui praktek di Bengkel KITA Motor, selanjutnya Harmonis, imana adanya kerja sama antara SMK Semen Gresik dan Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik dalam mendukung pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan nilai Kolaboratif dimana dua institusi saling bersinergi untuk memberikan nilai tambah,” pungkasnya.
 
Setyo juga berharap program ini mampu membangun kesadaran siswa dan juga masyarakat bahwa produk buatan Indonesia sangat unggul. Di sisi lain, ia juga ingin SMK Gresik akan dapat mengembangkan unit bisnis sekolah yang fokus pada praktek wirausaha di bidang otomotif.
 
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Wilayah Kabupaten Gresik Dr Kiswanto S.Pd M.Pd menyampaikan terimakasih kepada Pertamina Lubricants atas dukungan program pendidikan ini, “Besar harapan kami semoga program ini bisa replikasi di sekolah lainnya yang berada di Kabupaten Gresik,” tuturnya.
 
Melalui EHS, siswa akan diasah untuk memiliki jiwa kewirausahaan sehingga lebih siap dalam menghadapi dunia kerja. Pengembangan SDM sangat penting guna meningkatkan nilai institusi dan kolaborasi dunia vokasi dengan industri. EHS sejalan dengan komitmen ESG (Economic, Social & Governance) Pertamina Go Sustainable dan pencapaian Sustainable & Development Goals (SDGs) poin 4 dan 8, yaitu memastikan pendidikan yang inklusif dan berkualitas dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Pertamina Lubricants melakukan komitmen tersebut dengan memberikan pendidikan, pelatihan, dan wadah untuk wirausaha muda mandiri.



Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas