Tinjau Kampung Iklim: Kementerian Lingkungan Hidup Kunjungi Lokasi Mitra Binaan Pertamina Lubricants

Rabu, 16 Aug 2023 | 53 views   50 likes


Gresik - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Region JabalNusa melakukan aksi kunjungan di lima lokasi mitra binaan Pertamina Lubricants Production Unit Gresik (PTPL PUG) pada tanggal 14 – 16 Agustus 2023.
 
Kunjungan KLHK ke lokasi mitra binaan bertujuan untuk melaksanakan verifikasi Usulan Program Kampung Iklim (ProKlim) “Kategori Utama” yang tersebar di Kabupaten Gresik, diantaranya yaitu RW 5 Sidokumpul, RW 2 Pekauman, RW 2 Sukorame, RW 5 Sukorame, dan Dusun Mojoroto. Kegiatan kunjungan dilaksanakan secara offline dan online, dengan dihadiri oleh Perwakilan Direktorat Jenderal Balai Pengendalian Perubahan Iklim (Ditjen BPPI) Aan Ridho Firdaus Hambyah, Syaipul Bahri Zega, Yulianto Teguh Wibowo, serta perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Jawa Timur, dan DLH Kabupaten Gresik.
 
Perwakilan Ditjen BPPI Yulianto Teguh Wibowo menyampaikan antusias yang besar saat berkunjung ke lokasi karena melihat inovasi – inovasi masyarakat dalam aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.
 
“Karena semangat masyarakat yang tinggi dan melalui kerjasama yang baik dari berbagai pihak, kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan urban farming, vertical garden, perawatan lingkungan, pengembangan UMKM dan penanganan sampah yang bisa menjadi berkah untuk Masyarakat,” ungkapnya.
 
Kegiatan verifikasi juga dihadiri oleh stakeholders setempat seperti Camat, Lurah hingga Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) dan Ketua RW. Seluruh stakeholders tersebut pun sangat mendukung dengan adanya Proklim ini dan diharapkan bisa direplikasi seluruh Kabupaten Gresik.
 
Perwakilan DLH Kabupaten Gresik Any Mardiani menyampaikan bahwa Program Kampung Iklim dapat membantu masyarakat melestarikan bumi yang setiap harinya semakin panas dan mewariskan hal baik kepada generasi kedepan nantinya. Berkat kolaborasi dengan pihak swasta juga terkhusus Pertamina Lubricants, DLH Kabupaten Gresik mengusulkan 21 lokasi Proklim dari target 20.000 lokasi dan termasuk salah satu yang terbanyak se-Indonesia.
 
Manager PUG Setyo Nugroho, menyatakan rasa bangga kepada kader lingkungan dan berterima kasih kepada pemerintah daerah yang memberikan perhatian besar khususnya bagi 5 lokasi mitra binaan PUG yang pada Tahun 2023 ini mengusulkan sebagai Proklim Utama.
 
Pertamina Lubricants sejak tahun 2022 mendampingi 2 lokasi yang berada di wilayah RW 7 Sidokumpul dengan memperoleh penilaian Kategori Utama Bersertifikat dan RW 1 Sukorame yang memperoleh penilaian Kategori Utama Ber-Trophy. Kemudian, pada tahun 2023, Production Unit Gresik mereplikasi Program Kampung Iklim di 5 wilayah yang tersebar di Kabupaten Gresik. Adapun kegiatan yang dilaksanakan Pertamina Lubricants diantaranya yaitu pendampingan dan pelatihan, serta dukungan sarana penunjang ProKlim.



Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas