Gandeng BULOG dan Kementerian Ketenagakerjaan RI, Pertamina Lubricants Latih Siswa dan Komunitas Untuk Berwirausaha Bengkel 2W

Jumat, 29 Sep 2023 | 186 views   111 likes


Bandung – Dalam menghadapi era transformasi industri yang berkembang pesat, Pertamina Lubricants berkolaborasi dengan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia dan Bulog untuk menciptakan gelombang baru wirausaha muda dalam bidang perbengkelan melalui program Enduro Student Program (ESP) dan Enduro Sahabat Komunitas (ESK).
 
Pertamina Lubricants mengirimkan 26 peserta yang terdiri dari 16 siswa SMK dari kejuruan Teknik Otomotif, 4 peserta binaan Rumah Pangan Kita (RPK) kolaborasi dengan Bulog, 2 peserta nelayan, 3 peserta komunitas anak muda Agriz dan 1 peserta dari bengkel Difabel Yogyakarta.
 
ESP dan ESK sendiri merupakan program Creating Shared Value (CSV), yang diluncurkan sejak 2016 dan merupakan program rangkaian pendidikan, pelatihan dan kewirausahaan mandiri khususnya di dunia perbengkelan roda dua bagi siswa terpilih dan anak muda dari berbagai SMK dan komunitas.
 
Program terdiri dari pelatihan teknik sepeda motor bersama Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bandung selama satu bulan, dilanjutkan dengan praktek kerja (magang) dan mentorship oleh bengkel mitra binaan Pertamina Lubricants selama 45 hari.
 
Kegiatan magang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bengkel secara real, dimana siswa akan dibekali dengan pelatihan non-teknis dan teknis dengan mekanik. Selain itu, selama program berlangsung, Pertamina Lubricants akan terus membekali siswa dengan berbagai materi, diantaranya adalah Character Building dan Wawasan Kebangsaan, pengelolaan limbah dan lingkungan, kewirausahaan (sales & marketing), product knowledge oli Pertamina dan creative thinking. Materi ini diberikan agar peserta memiliki pengetahuan dan motivasi yang cukup untuk mendirikan sebuah bengkel mandiri nantinya. Latihan wirausaha, pelatihan lingkungan, dan perencanaan bisnis. Para peserta kemudian akan diberikan modal kerja untuk mendirikan usaha bengkel secara mandiri, dengan pendampingan dan mentorship berkelanjutan dari Pertamina Lubricants.
 
Corporate Secretary Pertamina Lubricants, Rifqi Budi Prasetyo mengatakan, “Program ini memperlihatkan tekad dalam mengembangkan potensi anak muda dalam industri perbengkelan roda dua, sambil menjawab tantangan yang muncul dalam dunia industri yang terus berubah. Dengan demikian, kolaborasi ini bukan hanya menghasilkan wirausaha muda yang kompeten, tetapi memperkuat ekosistem industri Indonesia dalam menghadapi masa depan yang dinamis.”
 
Sejalan dengan semangat pemberdayaan, Plt. Kepala BBPVP Bandung Elyana Silmia, S.P., M.M juga menuturkan, “Tujuan dan maksud dari pelatihan ini adalah agar seluruh peserta mampu menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) unggul berkualitas yang bisa diandalkan oleh industri global. Selain itu, program ini juga membuka peluang usaha sesuai dengan bidang kejuruan masing-masing peserta, serta mendorong semangat dalam memenuhi kemerdekaan Indonesia.”
 
Lebih jauh lagi, Elyana Silmia, S.P., M.M menegaskan pentingnya menghadapi tantangan masa depan dengan kepemimpinan teknologi dan strategi yang cermat. “Harapan saya, para peserta mengikuti pelaksanaan pelatihan dengan penuh semangat, disiplin, dan menaati semua tata tertib yang berlaku di BBPP Bandung sampai akhir pelatihan yang nantinya juga akan dibantu oleh Pertamina Lubricants,” tambahnya.
 
Program ini selaras dengan komitmen Pertamina Lubricants, bekerja sama dengan mitra untuk mendukung kemandirian tenaga muda produktif Indonesia dibidang otomotif. Dengan adanya program ini, diharapkan kemandirian masyarakat dapat terbangun secara berkelanjutan dimana para peserta dapat terus membangun mimpi mereka, membuka lapangan pekerjaan, membangun ekonomi setempat, dan menjadi inspirator bagi rekan-rekan sekitarnya.



Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas