Enduro Home Service, Omzet Melejit, Siswa SMK Berdaya Saing Tinggi

Selasa, 20 Jun 2023 | 98 views   151 likes


Majalengka - Pandemi telah berangsur membaik dan kini masyarakat sudah mulai meningkatkan mobilisasi, termasuk kegiatan belajar di sekolah-sekolah di Indonesia. Melalui program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) yakni Enduro Home Service, PT Pertamina Lubricants (PTPL) terus berkomitmen untuk berkontribusi terhadap pendidikan dan peningkatan kapabilitas siswa SMK melalui pembelajaran di dunia perbengkelan dan wirausaha. 
 
Enduro Home Service (EHS) adalah program Link and Match ini dilaksanakan untuk mensinergikan antara pendidikan vokasi dengan dunia industri guna meningkatkan penyerapan lulusan sekolah vokasi agar dapat menjadi tenaga kerja andal sekaligus menghemat pengeluaran untuk menjadi sumber daya manusia baru yang sesuai dengan kebutuhan industri. 
 
EHS menanamkan kompetensi teknis yang diperoleh dari pembelajaran produktif di kelas dengan materi teknis pelumas dan kewirausahaan dengan output berupa pelayanan di bengkel sekolah dan home service oleh siswa untuk masyarakat di lingkungan sekolah atau tempat tinggal siswa yang membutuhkan jasa perbaikan kendaraan roda dua, ganti oli dan servis ringan lainnya.
 
Serangkaian tahapan pembinaan program EHS ini telah diterapkan oleh SMKN 1 Talaga, SMK binaan Sales Region III PTPL di Majalengka, Jawa Barat. Pembinaan ini meliputi pelatihan teknis dan non-teknis otomotif dan wirausaha, pelatihan penjualan dan pemasaran, branding bengkel SMK, pemberian modal inkind berupa wearpack, oli Pertamina dan toolkit. Siapa sangka, dengan menjalankan program ini, dan belum genap satu tahun, bengkel sekolah dengan nama bengkel Enduro Express Ototefa berhasil meraup omset tertinggi hingga Rp. 8 juta per bulannya dengan rata-rata 10 - 12 pelanggan setia. 
 
Para siswa SMK, yang berperan sebagai mekanik dan entrepreneur belajar bagaimana mengelola bisnis bengkel, melayani konsumen sampai belajar tentang pemasaran dan pembukuan agar bisnis dapat terus meraup untung untuk nantinya dapat menjadi modal pengembangan bengkel sekolah. Selain memberikan home service atau service point (servis kunjung) dan penggantian jasa oli dan drop off oli di rumah konsumen, para siswa juga membuka layanan bengkel lainnya ditempat seperti servis mesin nitrogen, spooring, balancing, ac, scanning injeksi, dan washing khusus kendaraan roda dua. Bengkel Enduro Express Ototefa juga rutin mengadakan acara ganti oli yang mengajak guru dan siswa lainnya untuk penggantian oli  dilakukan di bengkel tersebut.
 
Berkembang saat pesat, bengkel ototefa, yang dioperasikan oleh 4 siswa SMKN 1 Talaga ini juga telah melebarkan portofolio pelanggannya ke bengkel-bengkel sekitar, khususnya 5 bengkel motor dalam pola partnership pembelian oli Pertamina dari Bengkel Enduro Express Ototefa.
 
Kepala Sekolah SMKN 1 Talaga Udin Wahyudin, S.IP., M.SI. mengungkapkan rasa bangga dan syukur bisa menjadi salah satu sekolah SMK Pertamina Lubricants dan mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan bengkel sekolah, “Terima kasih kepada Pertamina Lubricants bahwa program ini menjadi sekolah kami sebagai teaching factory dan semakin hari semakin berkembang. EHS merupakan program yang sangat positif dalam membangun skill teknis otomotif, skill sales dan pemasaran sekaligus mendorong kepercayaan diri siswa dalam menjalankan bisnis seperti di dunia kerja nantinya.” 
 
Udin melanjutkan, keberhasilan program terbukti dan meningkatnya omset services dan penjualan oli Pertamina serta bertambahnya bengkel umum sebagai mitra terpercaya kami.
 
“Kami percaya, jika program ini terus direplikasi di SMK lainnya, maka pendidikan vokasi di Indonesia akan semakin maju, melesat dan sesuai dengan kebutuhan industri saat ini,” lanjut Udin. 
 
Defrans Anggara, salah satu Siswa yang menjadi mekanik Bengkel Enduro Express Ototefa menuturkan, “Saya sangat senang dapat menjadi mekanik di bengkel sekolah karena selain dapat menyalurkan ilmu otomotif, saya juga mendapatkan tantangan baru, menyelesaikan berbagai permasalahan teknis di sepeda motor dan tentunya mendapat skill tambahan diluar pembelajaran di sekolah.” 
 
Manfaat program EHS ini juga dirasakan oleh Didi, pemilik bengkel mitra yakni bengkel rekanan (Bagas Motor). 
 
“Saya suka membeli oli pelumas Pertamina di Bengkel Enduro Express Ototefa selain kualitasnya terjamin asli, skema pembayarannya mudah, kami dapat memesan sesuai dengan kebutuhan dan permintaan konsumen dan hal ini yang sangat memudahkan bengkel kecil seperti kami,” imbuhnya. 



Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas