RUPS Tahunan, PTPL Optimis Melangkah Menangkan Pasar

Sabtu, 27 Apr 2024 | 76 views   45 likes


Jakarta – PT Pertamina Lubricants (PTPL),  anak usaha PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial & Trading telah menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2022 pada Rabu, 21 Juni 2023 di Pertamax Tower, Grha Pertamina, Jakarta Pusat. 
 
Hadir dalam RUPST Pemegang Saham yakni PT Pertamina Patra Niaga diwakilkan oleh Mars Ega Legowo Putra selaku Direktur Pemasaran Regional dan PT Pertamina Pedeve Indonesia yang diwakilkan oleh Rahmi Amini selaku Direktur. Hadir pula seluruh Dewan Komisaris, Direksi dan Corporate Secretary PTPL.
 
Werry Prayogi, Direktur Utama PTPL mengatakan, “Tahun 2022 menjadi tahun yang cukup menantang bagi PTPL namun demikian perusahaan mampu mencatatkan kinerja positif. Di tengah disrupsi di industri pelumas, perusahaan semakin memperkuat fondasi bisnis, terus tumbuh serta mampu beradaptasi dan berinovasi sesuai dengan kebutuhan pasar dan kemajuan teknologi."
 
Di sepanjang tahun 2022, Perusahaan mampu meningkatkan produksi dan penjualan pelumas, grease dan specialties chemicals dengan baik yang ditopang oleh segmen Key Account, Overseas, Industri, dan juga Retail. Sedangkan penjualan produk pada pasar domestik mengalami kenaikan, baik pada segmen otomotif maupun segmen industri dibandingkan tahun sebelumnya.
 
“Tantangan terbesar Pertamina Lubricants muncul dari kompetisi dan persaingan usaha yang semakin tinggi. Dengan jumlah pelaku usaha yang terus bertambah, hingga akhir tahun 2022 produk pelumas Pertamina Lubricants masih menguasai 35% pangsa pasar pelumas domestik,” lanjut Werry. 
 
Werry kembali menegaskan bahwa memenangkan kembali market adalah misi utama PTPL untuk tetap menjadi leader dalam industri pelumas di negeri sendiri, khususnya pada pasar domestik yang memiliki ceruk pasar yang sangat potensial.
 
Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo Putra mengapresiasi kinerja PTPL dan berharap kedepannya mampu mengambil langkah-langkah besar yang akan meningkatkan market share dan value perusahaan secara signifikan. Salah satunya melalui strategic partnership dengan investasi yang terukur dan terencana dengan baik.
 
PTPL memiliki optimisme untuk melangkah di tahun 2023 dengan rencana dan target kinerja yang lebih baik lagi.
 
"Visi kami adalah untuk menjadi pemimpin solusi pelumas dan specialty chemical di Asia dan tentunya turut berkontribusi terhadap aspirasi pemegang saham untuk menjadi perusahaan energi bidang commercial and trading terbesar di kawasan Asia Pasifik, serta mendukung pencapaian aspirasi Pertamina 100 miliar dollar Amerika Serikat (AS) pada 2024," tutup Werry.
 
Berbagai rencana strategis dilandasi pada prospek perekonomian Indonesia yang cukup positif. Dengan pasar otomotif nasional yang diprediksi masih akan terus mengalami pertumbuhan, serta perkembangan industri yang akan semakin tumbuh pasca meredanya pandemi COVID-19, permintaan akan produk pelumas, grease dan specialties chemicals diproyeksikan akan terus mengalami pertumbuhan yang cukup baik.

 




Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas