Distribusi Pelumas Naik Level dengan Aplikasi TMS

Kamis, 08 Jun 2023 | 291 views   149 likes


Surabaya - Pertamina Lubricants bersama dengan salah satu mitra logistic provider PT Elnusa Petrofin, melakukan Go Live Aplikasi Tracking Monitoring System (TMS) Project Logistic Provider PTPL Indonesia Timur pada Kamis, 8 Juni 2023 di Depot Supply Point (DSP) Pasar Turi, Surabaya. 
 
Hadir dalam kegiatan ini Direktur Operasi PTPL Sigit Pranowo, Direktur Utama PT Elnusa Petrofin Aditya Budi Prabowo, VP Distribution PTPL Tony Setyanto, General Manager Sales & Marketing PT Elnusa Petrofin Tedy Supit, Manager Region Operation Distribution II PTPL Zarkasih Latif, Manager Distribution Planning & Evaluation PTPL Yogi Arvianto, Sales Region Manager SR V PTPL Totok Subagyo, Manager Transportation Area IV Jabalinus PT. Elnusa Petrofin Edy Tuah Syahputra dan Manager Information & Technology PT Elnusa Petrofin Angga Marta. 
 
TMS atau sistem pelacakan dan pemantauan ini adalah sebuah aplikasi dengan sistem yang mampu memantau dan melacak pergerakan dan keberadaan produk PTPL dalam proses distribusi mulai dari production unit hingga ke DSP dan atau distributor.
 
Sistem ini melibatkan penggunaan teknologi seperti sensor, GPS (Global Positioning System),  Wi-fi dan perangkat lunak yang dilengkapi dengan dashboard monitoring untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menyajikan informasi tentang produk yang sedang dipantau.
 
Dengan begitu, PTPL dapat melacak posisi dan pergerakan kendaraan pengiriman produk, meningkatkan data integritas dengan bukti foto penerimaan dan dokumen pengiriman lainnya serta secara menyeluruh memastikan pengiriman tepat waktu dan efisien.
 
Sebelumnya, belum ada sistem untuk memantau pendistribusian project logistic provider dan proses tracking dilakukan secara manual termasuk proses data collecting berdasarkan laporan email dan WhatsApp.
 
Direktur Operasi PTPL Sigit Pranowo mengatakan, "TMS akan sangat membantu kami dalam memantau pergerakan distribusi pelumas ke wilayah Timur Indonesia yang memang cukup jauh dan dengan beragam kondisi yang menantang. Dengan TMS diharapkan proses pengiriman produk PTPL akan lebih terjadwal, efisien dan mendorong operational excellence dengan improvement yang berkelanjutan."
 
Senada, Direktur Utama PT Elnusa Petrofin Aditya Budi Prabowo juga berharap dengan semangat sinergi, inovasi dan improvement digitalisasi yang dilakukan EPN dapat mengoptimalkan operational distribusi Pertamina Lubricants. Selain itu, lewat dari TMS ini diharapkan sistem informasi baik internal PTPL ataupun customer PTPL dalam hal ini distributor dapat terus terupdate dari sisi informasi distribusi pelumas.

 




Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas