Kampung Markisa Ikut Pelatihan Peremajaan dan Perawatan Tanaman

Sabtu, 27 May 2023 | 123 views   144 likes


Gresik - RT 01 RW 01 Kelurahan Sukorame yang saat ini dikenal sebagai sentra penghasil buah dan olahan markisa, sehingga disebut juga “Kampung Markisa” merupakan salah satu kampung binaan PTPL Production Unit Gresik yang berhasil tumbuh dengan dinamis dan jadi penggerak perekonomian masyarakat lokal.
 
Di Kampung Markisa kepercayaan diri masyarakat untuk lebih berdaya meningkat. Mereka terus berupaya mengembangkan kemampuan untuk mengolah dan memasarkan buah. Namun jalan tidak selalu mulus sesuai yang diharapkan.
 
Di dalam kampung ini, tanaman markisa yang sudah tumbuh kurang lebih 5 tahun seringkali mengalami beberapa kendala dalam pertumbuhannya. Seperti tanaman yang layu atau kering, sehingga hasil buah yang dipanen kurang segar. Hadirnya Dinas Pertanian Kabupaten Gresik di Kampung Markisa, tentunya membawa harapan yang besar bagi kader lingkungan untuk mengatasi hal tersebut.
 
Sesi sharing session di Kampung Markisa pada 27 Mei 2023 bertujuan untuk peningkatan kapasitas masyarakat dalam peremajaan dan perawatan secara efisien, sehingga dapat tumbuh tanaman Markisa yang hijau dan segar seperti semula.
 
Kader Lingkungan Kampung Markisa diajarkan praktek pembibitan markisa baru yang didampingi oleh Dinas Pertanian & Tim TJSL PTPL dengan harapan memiliki regenerasi yang lebih baik.
 
Tim Penyuluh dari Dinas Pertanian, Zetty berpesan bahwa “Tagline Kampung Markisa ini sudah melekat, jadi jangan sampai karena banyak tanaman yang mati dapat meredupkan semangat warga disini,” Imbuhnya.
 
Doni perwakilan dari Dinas Pertanian juga menambahkan bahwa “Pengelolaan tanaman di Kampung Markisa ini sudah sangat bagus karena menggunakan pupuk organik, akan tetapi perlu beberapa pendampingan yang berkelanjutan.”
 
Pelatihan dimulai dari pemaparan materi oleh Dinas Pertanian dan penyampaian keluhan tentang tanaman oleh para kader, setelah itu dilanjutkan praktek langsung pengelolaan tanaman dan pembuatan pupuk.



Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas