Kampung SIBA KLASIK Gelar Lomba Lingkungan Zero Waste Proklim

Senin, 05 Jun 2023 | 16 views   41 likes


GRESIK - Dalam rangka menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni 2023, Kampung SIBA KLASIK menggelar Lomba Lingkungan Zero Waste Proklim pada hari Minggu, 28 Mei 2023 di Kampung Siba RT 2 RW 5 Kel. Sidokumpul Gresik. Kegiatan ini merupakan kolaborasi dari berbagai pihak antara lain PTPL, Ecoton (Ecological Observation and Wetland Conservation), PATTIRO, dan REEI Kab. Gresik.

Kegiatan ini bertujuan untuk menggugah semangat masyarakat dalam gerakan pengurangan sampah sekali pakai (zero waste) dan memilah sampah. Serta dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi/mitigasi terhadap dampak perubahan iklim.

Manager PUG, Setyo Nugroho menyampaikan apresiasi yang besar terhadap Kampung SIBA. “Dalam masa penjurian ini saya banyak melihat beberapa hal yang patut dicontoh, mulai dari inovasi di bidang lingkungan seperti Komposter Mandiri yang dibuat dengan desain khusus dari hasil pemanfaatan limbah plastik. Kemudian terkait komitmen masyarakat dalam pengurangan sampah, seperti dapat dilihat tidak ada satupun produk sekali pakai yang digunakan untuk bungkus makanan atau bahkan untuk minum. Semuanya sudah menggunakan gelas dan piring yang bisa dicuci, atau bahkan menggunakan daun pisang agar tidak mencemari lingkungan.

"Semoga hal ini dapat ditiru olehlingkungan masyarakat lainnya, sehingga dapat tercapai Gresik Zero Waste City," tuturnya

Lomba ini diikuti oleh 45 rumah tangga yang tergabung dalam 4 kelompok dasawisma. Mereka berjibaku keras mewujudkan lingkungan yang asri bebas sampah plastik, mengembangkan tanaman toga dan produksi pupuk organik. Dalam lomba kampung zero waste ini terdapat 4 kategori juara yaitu kategori pemenang (Dawis Mangga), terfavorit (Dawis Delima), tersemangat (Dawis Rambutan) dan terheboh (Dawis Semangka).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup kab.Gresik Sri Subaidah menjelaskan bahwa, “Program zero waste dan Proklim menjadi program unggulan DLH saat ini dan semoga bisa direplikasi di daerah lain dengan bantuan PTPL beserta mitra lainnya.”

“Saya senang akhirnya kampung SIBA KLASIK ini bisa menjadi kampung yang bisa menerapkan zero waste dan Proklim di kampung, memilah sampah supaya timbulan sampah plastik berkurang dan berkontribusi dalam pengurangan timbulan sampah di TPA dan sudah ada perubahan sejak dilaunching tahun lalu,” Imbuhnya

Sri Subaidah menambahkan keberhasilan ini karena kolaborasi antar pihak sehingga mudah tercapai.




Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas