Peringati Hari Nelayan Nasional, Pertamina Lubricants Bekali Ilmu Pelumasan Mesin Kapal

Kamis, 06 Apr 2023 | 137 views   143 likes


Cilacap - Bertepatan dengan Hari Nelayan Nasional, PT Pertamina Lubricants (PTPL) melalui pabrik Production Unit Cilacap dan Sales Region IV menggelar kegiatan untuk para nelayan bertajuk Pembekalan Perawatan Mesin Tempel dan Kepelumasan bertempat di Gedung DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kab.Cilacap. 
 
Acara dihadiri oleh Ketua dan Pengurus  HNSI Cilacap, Dinas Perikanan Kab. Cilacap, Pengurus Rukun Nelayan di 13 wilayah di Cilacap, mulai dari Tambakreja, Tegalkamulyan, hingga pesisir Kutawaru. 
 
Hari Nelayan Nasional menjadi momen penting dalam mempererat komunikasi dengan nelayan, serta bekerjasama berbagai pihak untuk menuju masyarakat nelayan yang maju. 
 
"Pada hari ini terlaksana program tanggung jawab sosial perusahaan untuk meningkatkan pengetahuan nelayan khususnya dalam melakukan perawatan mesin kapal sebagai sarana utama dalam melaut. Kami berharap para nelayan memperoleh kemudahan dan mandiri dalam menangani permasalahan dasar mesinnya," tutur Prasetiyo Budi, Manager Production Unit Cilacap. 
 
Pemateri disampaikan oleh Field Engineer PTPL Bagus Septa Setiaji mulai dari Dasar Permesinan Fungsi Kepelumasan,  Jenis Kepelumasan Mesin 2 Langkah, dan Membedakan Pelumas asli dengan palsu.
 
Prasetyo melanjutkan bahwa tujuan kegiatan adalah untuk terus meningkatkan pemahaman nelayan tentang mengaplikasikan pelumas pada mesin tempel yang saat ini masih rendah. 
 
Kegiatan yang diikuti lebih dari 60 peserta tersebut disambut antusiasme terlihat dari berbagai pertanyaan dan tanggapan anggota rukun Nelayan.
 
"Kami akan terus mendorong para nelayan untuk meningkatkan kompetensi dan kami juga sangat bangga bisa sinergi dengan program dengan PT Pertamina Lubricants dengan berbagai pelatihan yang diterima nelayan Cilacap," terang Pardjo HP, Wakil Ketua II DPC HNSI Kab Cilacap.
 
Pelatihan ini adalah bagian dari program Pertamina Sahabat Nelayan, yang merupakan program pembinaan nelayan dan perintisan mesin tempel/mesin kapal dan bengkel mesin kapal bagi masyarakat nelayan melalui pemberian keahlian ketrampilan mesin kapal, pemberian modal kerja, dan perintisan bengkel nelayan serta pendampingan bisnis. 
 
Production Unit Cilacap terus melanjutkan program tanggung jawab sosial ini yang telah diinisiasi sejak 2019. Program ini telah mencetak bengkel nelayan pertama di Tambakreja Cilacap Selatan, dan berkembang di Pandanarang dan Sentolokawat yang membantu perawatan lebih dari  1850 nelayan di wilayah tersebut. Program terwujud hasil sinergi dari HNSI Cilacap, Universitas Diponegoro, Dinas Perikanan, Koperasi Nelayan dan Rukun Nelayan di Kabupaten Cilacap. 



Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas