Kompetisi Perwira Mengajar Bulan K3 di Production Unit Gresik

Kamis, 02 Mar 2023 | 33 views   128 likes


Gresik - Dalam upaya meningkatkan skill komunikasi dan pemahaman ilmu baru bagi mitra kerja Production Unit Gresik (PUG) mengadakan kegiatan Kompetisi Perwira Mengajar yang sekaligus menjadi rangkaian kegiatan bulan K3 pada tanggal 27 Februari - 2 Maret 2023.
 
Kegiatan ini diikuti oleh 5 peserta yang berasal dari berbagai fungsi di Production Unit Gresik, diantaranya 1 peserta dari fungsi Produksi, 1 peserta dari fungsi HR & Finance dan 3 peserta dari fungsi Laboratorium.
 
Dalam kompetisi ini terdapat 3 topik yang menjadi bahan ajar bagi para peserta, diantaranya adalah Pengelolaan Limbah B3, Surat Izin Kerja Aman (SIKA) dan Bekerja di Ketinggian. Pada topik Pengelolaan Limbah B3 peserta menjelaskan mengenai karakteristik, cara penanganan dan cara penyimpanan limbah B3.
 
Pada topik Surat Izin Kerja Aman (SIKA) peserta menjelaskan mengenai jenis-jenis Surat Izin Kerja Aman, proses pembuatan Surat Izin Kerja Aman dan personal yang terlibat dalam pembuatan Surat Izin Kerja Aman.
 
Pada topik Bekerja di Ketinggian. peserta menjelaskan batasan bekerja di ketinggian, Alat Pelindung Diri (APD) yang digunakan dan contoh kejadian bahaya yang pernah terjadi akibat kelalaian dalam bekerja di ketinggian.
 
Melalui kegiatan Kompetisi Perwira Mengajar ini, memberikan kesempatan bagi mitra kerja di PUG dalam menambah wawasan, pengembangan diri, dan meningkatkan kompetensi komunikasi. Dampak positif ini tidak hanya dirasakan oleh para peserta tetapi juga oleh para audience yang mengikuti acara tersebut. Terlebih topik materi yang dibawakan berkaitan dengan safety dimana merupakan kebutuhan dalam bekerja. Seperti pantun salah satu peserta yang disampaikan di akhir acara “pergi berenang pasti basah, perginya dengan kerabat, tiada hal yang paling indah, selain pulang kerumah dengan selamat”. Untuk kedepannya diharapkan unit-unit lain di PTPL dapat mencontoh kegiatan yang sangat bermanfaat yang telah dilakukan oleh PUG ini.

 




Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas