Sinergi PTPL dan SMK Semen Gresik Luncurkan Bengkel Pertamina Sahabat Nelayan

Selasa, 14 Mar 2023 | 101 views   188 likes


Gresik - PT Pertamina Lubricants melalui Production Unit Gresik (PUG) kembali meluncurkan Bengkel Pertamina Sahabat Nelayan di kelurahan depan Balai Keling, Kelurahan Kroman, Gresik Jawa Timur pada hari Selasa, 14 Maret 2023. Bengkel ini merupakan kolaborasi PTPL dengan SMK Semen Gresik. 
 
Kepala Sekolah SMK Semen Gresik Drs Setiyo Budi mengatakan, bengkel Pertamina Sahabat Nelayan ini akan dikelola terlebih dahulu oleh SMK Semen Gresik sebagai operator, namun nantinya anak nelayan bisa belajar dan melanjutkan sekolah jurusan otomotif sekaligus menjadi mekanik dan operator bengkel tersebut atau istilahnya “Teaching Factory”. 
 
SMK Semen Gresik membuka magang dan beasiswa kepada anak nelayan dan rencananya, dari program magang ini nantinya warga setempat bisa menjadi operator bengkel yang baru diresmikan ini. 
 
Sementara untuk beasiswa anak nelayan lanjut Drs Setiyo pihak sekolah membuka lima kouta saja khusus anak nelayan dengan beberapa jurusan yakni mesin, las, otomotif, dan perhotelan. 
 
“Semuanya gratis, silahkan nanti kelompok nelayan bisa mengajukan anaknya untuk sekolah di SMK Semen Gresik,” ujarnya di acara peluncuran bengkel bersama para nelayan. 
 
Dalam bengkel ini, tambah dia rata-rata para siswa memberikan layanan service motor 15 kendaraan. 
 
Manager PUG PTPL Setyo Nugroho, mengatakan bengkel Pertamina Sabahat Nelayan merupakan program Creating Shared Value (CSV) atau pengembangan dari konsep tanggung jawab sosial perusahaan. 
 
“Kami berikan modal ke teman-teman nelayan untuk bisa berkembang dan mempunyai nilai tambah dalam dunia usaha bengkel,”ucapnya. 
 
PTPL juga menyediakan alat-alat bengkel dan pelumas Nantinya, PTPL berharap masyarakat yang mayoritas nelayan bisa mengembangkan usaha nelayan ini. 
 
“Hingga keuntungan dan nilai sejahtera untuk nelayan maupun Kartar setempat. Tentu kami akan terus lakukan monitoring bengkel tersebut,” tutup Setyo.
 
Ketua kelompok nelayan Balai Keling Kroman Ahmad Sholeh menyambut gembira  peluncuran Bengkel Pertamina Sahabat Nelayan. Sebab, selama ini jasa pelayanan bengkel bisa dilakukan di area tempat berkumpul nelayan. 
 
“Bengkel ini juga membantu penyediaan pelumas oli mesin bagi nelayan, serta membantu servis kendaraan nelayan setempat,” ucapnya.



Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas