Pertamina Lubricants sudah tukar 6.437 kg sampah dengan oli di Jakut

Rabu, 22 Feb 2023 | 65 views   133 likes


Jakarta - PT Pertamina Lubrincants (PTPL), anak perusahaan PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial & Trading yang memproduksi pelumas otomotif, melalui Production Unit Jakarta (PUJ) menyatakan ada 6.437 kilogram sampah yang ditukar dengan oli di tiga bengkel sampah tukar oli yang beroperasi di Jakarta Utara.
 
Tiga bengkel tersebut antara lain di Asrama Dinas Lingkungan Hidup, RW 03, Kelurahan Semper Barat, (Cilincing), RW01 Kelurahan Tugu Utara, dan RW 04 Tugu Selatan telah menukar sejumlah sampah tersebut dengan 647 produk oli berbagai ukuran yang diproduksi PTPL.
 
"Di Tugu Selatan sampah yang dikelola mencapai 1.404 kilogram, di asrama Dinas LH 1.015 kilogram, dan di Tugu Utara 4.018 kilogram. Jadi total 6.437 kilogram sampah yang dikelola lewat Bengkel Sampah Tukar Oli," ujar Manajer PUJ Dody Arief Aditya kepada wartawan di Jakarta Utara, Selasa.
 
PTPL bersinergi dengan Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara untuk mengurangi masalah pembuangan sampah di Jakarta, lewat pelayanan pergantian oli kendaraan bermotor atau servis ringan di bengkel sampah tukar oli itu.
 
Dody mengatakan proses penukaran sampah cukup gampang. Pelanggan bengkel cukup membawa langsung sampah yang akan ditimbang dan dikonversikan nilainya ke dalam rupiah, agar dapat ditukarkan dengan produk oli berukuran tertentu.
 
Bagi pelanggan yang belum ingin mengganti oli kendaraannya pada saat penukaran itu, bisa menabung saldo dulu di dalam buku tabungan sampah.
 
Kalau tiba saat ingin mengganti oli, biaya pergantian oli sekaligus jasa servis ringan dapat langsung diambil dari saldo di buku tabungan yang dimiliki pelanggan.
 
Setiap kilogram sampah dapat dikonversi dengan satu kali pergantian oli seharga Rp 35 ribu hingga 55 ribu, atau jasa servis ringan kendaraan bermotor.
 
Sampah yang diperoleh bengkel sampah tukar oli PTPL dari masyarakat, kebanyakan dipilah dan dijual kembali lewat dukungan penggerak lingkungan dan Bank Sampah di wilayah Jakarta Utara.
 
Bukannya merugikan, pengolahan sampah tersebut justru mendatangkan manfaat berupa penghasilan bagi bengkel  tersebut.
 
Adapun potensi penghasilan yang didapat dari seluruh transaksi sampah dengan oli di tiga bengkel tersebut mencapai lebih dari Rp5 juta.

 




Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas