Pertamina Lubricants Resmikan Pertamina Sahabat Nelayan di Padang


Kamis, 10 Nov 2022 | 5 views   9 likes


Padang - Dalam rangka mengembangkan potensi dan mendorong kemandirian para nelayan di Indonesia, PT Pertamina Lubricants (PTPL) kembali menjalankan program Pertamina Sahabat Nelayan di Desa Batung Kec. Bungus, Padang Sumatera Barat.
 
Bekerja sama dengan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Padang, PTPL menggandeng kelompok nelayan Desa Batung, Kec. Bungus, Padang untuk diberikan pelatihan materi perbaikan mesin tempel, keselamatan kerja, serta kunci sukses kewirausahaan. Tak hanya, PTPL juga memberikan bantuan alat-alat service dan Pelumas mesin tempel kepada bengkel Kelompok Nelayan untuk pengelolaan bengkel nelayan di RT 03 / RW 01 Desa Batung. 
 
Peresmian program ini dihadiri oleh warga Desa Batung, peserta nelayan dalam pelatihan mesin kapal tempel, dan perwakilan dari Balai Pelatihan Vokasi, Produktivitas (BPVP) Padang dan Sales Area Manager (SAM) Sumatera Barat, Riau, dan Kepri, Nanda Satya Anindra.
 
Pertamina Sahabat Nelayan merupakan sebuah program yang berfokus kepada peningkatan kesejahteraan komunitas nelayan, mulai dari pemahaman tentang mesin tempel, keselamatan dalam berlayar, hingga mendirikan bengkel khusus perbaikan mesin tempel. 
Program Pertamina Sahabat Nelayan merupakan komitmen perusahaan dalam memberikan dampak sosial dan lingkungan kepada masyarakat sekitar.
 
Suardi, mewakili Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Padang, yang juga menjadi instruktur dalam pelatihan mesin tempel di Desa Batung, mendorong para peserta untuk dapat menjadikan program Pertamina Sahabat Nelayan sebagai modal awal berwirausaha.
 
“Nantinya mesin-mesin tempel tidak perlu lagi dibawa ke Kota Padang untuk direparasi. Kampung inilah yang nantinya jadi pusat untuk memperbaiki mesin-mesin tempel, dengan adik-adik peserta sebagai penggeraknya,” tuturnya.
 
Ketua RT 03 / RW 01, Rudi, mewakili warga Desa Batung, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada PTPL atas dibukanya bengkel komunitas nelayan Desa Batung. 
 
“Saya mewakili warga Desa Batung mengucapkan terima kasih kepada Pertamina Lubricants karena memilih desa kami untuk mengadakan program. Saya mendorong anak-anak muda untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan baik agar mereka bisa menciptakan lapangan kerja mereka sendiri. Kami berharap adanya bengkel dan pelatihan ini dapat menjadi awal dari sinergi antara komunitas nelayan Desa Batung serta Pertamina Lubricants,” pungkasnya.
 
Program Pertamina Sahabat Nelayan hadir tidak hanya untuk mendorong kemandirian nelayan-nelayan Indonesia, namun juga diharapkan mampu menimbulkan multiplier effect yang berdampak positif terhadap seluruh masyarakat di sekitar pesisir.
 
Program ini juga merupakan wujud kontribusi Pertamina dalam mendukung pemerintah khususnya dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals poin 4, yaitu pendidikan berkualitas serta poin 8, yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi.







TEMUKAN PELUMAS TEPAT
UNTUK OTOMOTIF,
INDUSTRI
& OVERSEAS,
DISINI