Program Enduro Student Program Siap Lahirkan Kembali Wirausaha Baru di Bidang Perbengkelan

Jumat, 14 Oct 2022 | 112 views   247 likes


Bandung - PT Pertamina Lubricants (PTPL), anak usaha PT Pertamina Patra Niaga, subholding Commercial & Trading Pertamina melakukan penutupan Program TJSL, Enduro Student Program (ESP) di wilayah Sales Region (SR) III pada Senin, 14 Oktober 2022 di Kantor Pemasaran Pertamina Cabang Bandung.
 
Penutupan program ditandai dengan pemberian penghargaan dan hadiah bagi peserta berprestasi serta bantuan peralatan bengkel dari PTPL kepada Tim Terbaik. Penghargaan diserahkan langsung oleh Corporate Secretary PTPL Rifqi Budi Prasetyo di dampingi oleh Sales Region Manager III Agus Supriyanto.
 
Para peserta ESP ini merupakan lulusan dari SMKN 2 Tasikmalaya, SMKN 4 Garut, SMKN 1 Talaga, SMKN Bakti Persada, dan SMKN 1 Jamblang dengan total 11 peserta.
 
ESP merupakan salah satu program berbasis Creating Shared Value (CSV) yang membangun kemitraan strategis, menciptakan dampak berkelanjutan kepada bisnis, berkontribusi pada pemberdayaan masyarakat dan pembangunan berkelanjutan di bidang perbengkelan. ESP adalah program dengan rangkaian pendidikan, pelatihan dan kewirausahaan mandiri khususnya di dunia perbengkelan roda dua bagi siswa-siswi terpilih dari berbagai SMK Otomotif dan Teknik unggulan serta SMA sederajat di seluruh Indonesia.
 
Corporate Secretary PTPL Rifqi Budi Prasetyo dalam sambutannya menyampaikan, ”Program ESP merupakan program unggulan dari PTPL yang memberikan pelatihan dan kewirausahaan untuk menciptakan wirausaha-wirausaha muda di bidang perbengkelan roda dua. PTPL berharap seluruh peserta mampu menyerap ilmu dan pengalaman yang diberikan untuk kemudian memperkuat bisnis bengkelnya.”
 
Program ESP di SR III ini telah dilaksanakan sejak Agustus 2022 dan berakhir pada 10 November 2022, dimana selama pelaksanaan program, para peserta diberikan pelatihan teknis dan non-teknis sepeda motor yang dilakukan di Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) setempat selama satu bulan. Setelah dinyatakan lulus dari BLKI, peserta melanjutkan program dengan melakukan praktek kerja (magang) di bengkel mitra binaan PTPL untuk menerima mentorship dan pelatihan kerja langsung oleh mekanik yang sudah berpengalaman.
 
Secara nasional, program ESP telah berhasil mencetak 62 bengkel roda dua dan telah mampu menghasilkan omzet per tahun sebesar 3 milyar rupiah serta menciptakan 113 orang secara langsung sebagai mekanik dan sekaligus sebagai pemilik bengkel motor roda dua.
 
PTPL berkomitmen akan terus melanjutkan program ESP ini dan direplikasikan ke wilayah Ring I juga di wilayah Sales Region PTPL di seluruh Indonesia, dan melahirkan bengkel-bengkel mandiri serta mampu meneruskan semangat belajar dan kewirausahaan muda-mudi Indonesia dalam bidang otomotif.



Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas