Lanjutkan Program Enduro Home Service, Pertamina Lubricants Berikan Pelatihan Produk Dan Wirausaha

Senin, 24 Oct 2022 | 220 views   289 likes


Padang – Setelah resmi diluncurkan pada tahun 2020, Program Enduro Home Services (EHS) di SMK Muhammadiyah 1 Padang terus berjalan, khususnya dalam hal pembinaan dan pendampingan siswa dan Bengkel Enduro Express yang ada di sekolah. 

 
PT Pertamina Lubricants (PTPL) kembali menggelar pelatihan tentang product knowledge Pelumas pertamina dan strategi kewirausahaan kepada 21 siswa pada hari Senin, 24 Oktober 2022. Dalam paparan materi pengenalan produk, Sales Area Supervisor (SAS) Retail Sumatera Barat Sales Region I Muharisman memberikan informasi yang lebih dalam mengenai berbagai varian pelumas otomotif Pertamina dan peruntukan pelumas sesuai dengan spesifikasi kendaraan. Tak hanya itu, Ia juga menyampaikan pentingnya untuk memilih, menggunakan dan dapat membedakan Pelumas Pertamina asli dan palsu. 
 
“Pelumas Pertamina tersedia di outlet-outlet yang disuplai oleh distributor resmi Pertamina. Selain itu, pastinya dapat dibeli di outlet resmi seperti Olimart, bengkel Enduro Express seperti bengkel di sekolah SMK ini dan tentunya di SPBU Pertamina,” tuturnya  
 
Materi berikutnya adalah strategi kewirausahaan yang dibawakan oleh Nanda Satya Anindra selaku Sales Area Manager (SAM) Retail Sumatera Barat, Riau dan Kep. Riau Sales Region I. Dalam paparannya, siswa diperkenalkan tentang pentingnya sektor kewirausahaan, faktor-faktor pendukung suksesnya berwirausaha, serta hal-hal yang menghambat kewirausahaan. Di akhir sesi, Nanda juga memaparkan strategi jitu yang bisa digunakan untuk memulai berwirausaha.
 
“Agar sesuatu bisa negara maju, diperlukan 2% jumlah dari total populasi di negara tersebut untuk berprofesi sebagai wirausahawan. Tidak hanya untuk bisnis sendiri, berwirausaha juga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain,” lanjutnya.
 
Darul Afdal selaku kepala jurusan otomotif SMK Muhammadiyah I Padang menyampaikan ucapan terima kasih dan dukungan sehingga program EHS ini terus berjalan dan mampu memberikan manfaat yang nyata bagi siswa.
 
“Kami berterima kasih kepada Pertamina Lubricants yang selalu mendukung kegiatan di SMK Muhammadiyah I Padang. Semoga kegiatan pada hari ini dapat dimanfaatkan siswa-siswi kami dengan baik untuk meningkatkan kemampuan mereka,” ucapnya.
 
Kegiatan tahunan yang rutin dilakukan PTPL ini diharapkan memberikan dampak sosial yang bersinergi tidak hanya dengan konsumen, tetapi juga sekolah-sekolah kejuruan selaku mitra strategis PT Pertamina Lubricants. 
 
EHS adalah program kerja sama yang melibatkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memiliki jurusan otomotif/ Bengkel Motor di Indonesia. Dalam kerjasamanya ada berbagai pelatihan yang diberikan yakni pelatihan product knowledge tentang Pelumas dan sistem pelumasan, sales technique, manajemen pemasaran dan pelatihan kewirausahaan (entrepreneurship).
 
Dalam kerja sama tersebut, PTPL memberikan bantuan ruang belajar secara riil yakni penyediaan bengkel Enduro Express yang dibangun di area sekolah yang dilengkapi peralatan (tool kit) dan paket Pelumas Pertamina Enduro Series sehingga bengkel dapat berfungsi secara optimal sebagai tempat belajar berwirausaha mengelola bengkel, menjual pelumas dan servis ringan, serta ganti oli motor kendaraan roda dua. 
 
Program ini juga bertujuan untuk membantu bengkel teaching factory (TEFA) di berbagai SMK di Indonesia yang sempat terdampak pandemi COVID-19, dengan menyediakan dan memfasilitasi sekolah untuk melakukan home services di rumah-rumah penduduk sekitar, serta memberikan berbagai pelatihan untuk menunjang kemampuan siswa.



Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas