Dukung Keberlanjutan Kampung Iklim, Dukung Keberlanjutan Kampung Iklim, Pertamina Lubricants Ajak Mitra Binaan Benchmark ke Kampung 3G Pertamina Lubricants Ajak Mitra Binaan Benchmark ke Kampung 3G

Minggu, 16 Oct 2022 | 115 views   156 likes


Gresik – PT Pertamina Lubricants (PTPL) terus menunjukkan komitmennya dalam program keberlanjutan Kampung Iklim dengan melakukan studi banding ke Kampung 3G di Malang, Jawa Timur (Glintung Go Green) pada Sabtu dan Minggu, 15 – 16 Oktober 2022.

 
PTPL mengajak 100 orang yang terdiri dari anggota Lembaga Kampung Kreasi Kelurahan Sidokumpul, Gresik dan anggota Bank Sampah Karya Mandiri Kampung Markisa Kelurahan Sukorame, Gresik. Kampung Kreasi dan Kampung Markisa merupakan dua lokasi mitra binaan Production Unit Gresik (PUG) yang sudah melakukan Verifikasi Lapangan Program Kampung Iklim (Proklim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia pada Kategori Proklim Utama di tahun 2022. Pada prosesnya, PUG melakukan pendampingan pada pemenuhan poin – poin lembar isian Proklim.
 
“Program Kampung Iklim merupakan program keberlanjutan dari program – program yang sebelumnya PUG sudah lakukan, seperti Program Kampung Kreasi yang berfokus pada pemanfaatan dan pengelolaan limbah menjadi suatu hiasan sehingga memiliki nilai ekonomi dan lingkungan. Selain itu, juga terdapat Program Kampung Markisa yang berfokus pada produksi Minuman Markisa dan pengelolaan lingkungan yang hijau bersih dan nyaman. Harapannya, dengan adanya kegiatan benchmarking ini, masyarakat mitra binaan dapat termotivasi dan lebih semangat dalam mengembangkan lingkungannya sehingga bisa melanjutkan pada Proklim Kategori Lestari dari Kementerian LHK,” Ungkap Setyo Nugroho, Manager PUG.
 
Agar Proklim binaan PUG dapat lanjut ke tahap selanjutnya, maka perlu dilakukan inovasi sosial pada kegiatan adaptasi dan mitigasi untuk masyarakat.
 
Kampung 3G berada di Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kabupaten Malang yang memiliki predikat sebagai Kawasan Eduwisata Lingkungan dan Kampung Proklim Kategori Utama Berthrophy dari Kementerian LHK. Keberhasilan Kampung 3G ini tidak lepas dari jerih payah Ir. H. Bambang Irianto selaku Pembina Kampung Glintung Go Green. Ir. H. Bambang Irianto merupakan praktisi di bidang lingkungan yang sebelumnya berhasil meraih predikat sebagai Ikon Prestasi Indonesia dari Unit Kerja Presiden Bidang Pembinaan Ideologi Pancasila dan Piala Kalpataru sebagai Pembina Lingkungan dari Presiden RI pada tahun 2018.
 
“Masyarakat mitra binaan PTPL memiliki semangat yang tinggi untuk belajar dan mengelola lingkungan, saya berharap program yang dijalankan bisa berjalan dengan baik dan masyarakat dapat terus melakukan inovasi – inovasi untuk pengembangan program. Selain itu, saya juga berharap ada kesempatan secara langsung untuk berkunjung ke lokasi, untuk melihat dan berdiskusi bersama masyarakat setempat,” ungkap Ir. H. Bambang Irianto.
 
Perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Umaya menuturkan, “Banyak hal baru yang memotivasi kami saat berkunjung ke Kampung 3G. Kami berharap masyarakat dapat melakukan ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) dengan baik dan saya sangat mengapresiasi langkah PTPL yang sudah melakukan pendampingan PROKLIM di Kampung Kreasi dan Kampung Markisa.”
 
Studi banding dibuka dengan penyambutan peserta yang dilakukan oleh Tim PKK Kampung 3G, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan berkeliling area, dan ditutup dengan pemaparan materi dari Ir. H. Bambang Irianto tentang Membangun Kampung Tematik.
 
Program ini selaras dengan program ESG Pertamina dan pilar "Go Sustainable" dan "Go Collaborative", serta mendukung pencapaian SDGs nomor 8 dan 11 tentang Pekerjaan yang Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, serta Kota dan Permukiman yang berkelanjutan.



Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas