PT Pertamina Lubricants Dukung Kemandirian Ekonomi Masyarakat Nelayan melalui Optimalisasi Bengkel Nelayan Balikpapan

Selasa, 04 Oct 2022 | 90 views   170 likes


Balikpapan - Sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk mewujudkan kesejahteraan ekonomi kelompok nelayan di wilayah pesisir, PT Pertamina Lubricants melalui program Pertamina Sahabat Nelayan mendukung kemandirian usaha KUB Semangat Baru melalui optimalisasi bengkel nelayan. Hal ini diwujudkan melalui peresmian Bengkel KUB Semangat baru sekaligus penyerahan bantuan alat budidaya keramba ikan oleh PT Pertamina Integrated Terminal Balikpapan pada hari Selasa, 4 Oktober 2022.
 
Bengkel Nelayan KUB Semangat Baru diresmikan oleh Sales Region Manager VI PT Pertamina Lubricants Anang Yoyong Prayogo, Supervisor HSSE PT Pertamina Integrated Terminal Balikpapan Catur Yogi Prasetyo Ptl. Lurah Kariangau Sulfaldi Syam, Penyuluh Perikanan Kota Balikpapan Barat Faisal Nur Oktavia, Ketua Kelompok Nelayan KUB Semangat Baru Solle, dan seluruh anggota nelayan KUB Semangat Baru.
 
Pertamina Sahabat Nelayan adalah program pembinaan nelayan melalui pemberian keahlian keterampilan mesin kapal, pemberian modal kerja, dan perintisan bengkel  nelayan sedangkan KUB Semangat Baru merupakan Kelompok Usaha Bersama masyarakat nelayan RT. 2, Kelurahan Kariangau, Balikpapan Barat yang beranggotakan 30 orang nelayan. KUB ini merupakan salah satu kelompok yang telah dibina oleh PT Pertamina Integrated Terminal Balikpapan sejak tahun 2019 dengan fokus pembinaan yaitu budidaya ikan keramba.
 
PT Pertamina Lubricants hadir di KUB Semangat Baru untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi kelompok melalui pembinaan bengkel nelayan. Setelah mengikuti pelatihan perbaikan dan perawatan mesin kapal oleh Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Balikpapan pada bulan Agustus 2022 lalu, sepuluh orang anggota KUB Semangat Baru diamanahkan untuk mengelola bengkel nelayan atas nama kelompok.
 
Sales Region Manager VI PT Pertamina Lubricants, Anang Yoyong Prayogo mengungkapkan, "Kami berharap anggota KUB Semangat Baru mampu mengelola bengkel ini dengan baik dan semoga dengan adanya bengkel nelayan ini mampu menjadi sarana bagi kelompok nelayan untuk meningkatkan kesejahteraan baik secara sosial maupun ekonomi."
 
Plt. Lurah Kariangau Sulfaldi Syam menambahkan, "Hal terpenting dalam pengelolaan bengkel adalah pengolahan limbah B3, kami berharap anggota kelompok mampu menghadapi hal tersebut dengan baik sehingga tidak mencemari laut."
 
Program kolaborasi yang dilakukan antara PT Pertamina Lubricants dan PT Pertamina Integrated Terminal Balikpapan ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan kelompok nelayan KUB Semangat Baru.
 
"Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan PT Pertamina Lubricants dalam Program Pertamina Sahabat Nelayan dengan sasaran penerima manfaatnya adalah salah satu kelompok mitra binaan kami. Semoga melalui kolaborasi program CSR ini dapat memberikan manfaat bagi keberlangsungan kelompok nelayan", ujar Catur Budi Prasetyo selaku Supervisor HSSE PT Pertamina IT Balikpapan.



Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas