Pertamina Lubricants Gelar Pemeriksaan IVA, sebagai Upaya Deteksi Dini Kanker Leher Rahim

Rabu, 05 Oct 2022 | 52 views   165 likes


Gresik - PTPL berkolaborasi dengan Puskesmas Alun – Alun Kecamatan Gresik melakukan deteksi dini Kanker Leher Rahim menggunakan metode Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) atau metode Pap Smear. Program ini dilaksanakan dengan menggandeng Kader Posyandu di wilayah Desa Pulopancikan pada hari Rabu, 5 Oktober 2022.
 
Turut hadir dalam kegiatan ini Amd. Keb selaku Bidan Puskesmas Alun – Alun Kecamatan Gresik Ismu, Ketua TP PKK Sofia dan para Kader Posyandu Desa Pulopancikan.
 
“Menurut data yang disajikan oleh WHO pada Tahun 2020, total kasus di Indonesia mencapai 396.914 kasus. Dari data tersebut, Kanker Leher Rahim menempati urutan kedua kasus terbanyak. Oleh karena itu, pemeriksaan IVA yang hari ini dilakukan diharapkan dapat mengurangi angka morbiditas dengan pengobatan dini terhadap kasus yang ditemukan pada kelainan leher rahim,” ungkap Setyo Nugroho Manager Production Unit Gresik (PUG).
 
Kegiatan ini diikuti oleh 40 perempuan yang sudah menikah dan berdomisili di Desa Pulopancikan, Kecamatan Gresik. Sebelum pemeriksaan IVA dilakukan, peserta yang mengikuti kegiatan diberikan sosialisasi terlebih dahulu perihal bahaya Kanker Leher Rahim dan cara pencegahannya oleh tim Puskesmas Alun – Alun Kecamatan Gresik, serta cek kesehatan gratis.



Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas